PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DI MTsN 4 KEDIRI

Hibatulloh, Stania (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DI MTsN 4 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932702820_prabab.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932702820_bab1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
932702820_bab2.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932702820_bab3.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932702820_bab4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932702820_bab5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932702820_daftarpustaka.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932702820_PernyataanPersetujuanPublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca pada siswa juga pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga sebagian siswa tidak memperhatikan dalam pembelajaran khususnya teks naratif, sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal yang berpengaruh terhadap keefektifan belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilalukan yaitu menarik perhatian siswa menggunakan media pembelajaran seperti media pop-up book. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran pop-up book untuk pembelajaran menulis teks naratif dalam bentuk cerita fantasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau RnD. Penelitian ini dilaksanakan di MTsn 4 Kediri kelas VII A yang berjumlah 23 siswa. Model pengembangan yang digunakan yakni modifikasi moel Borg and Gall dengan tujuh tahapan, yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk. Intrumen pada penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, praktisi lapangan, dan tanggapan siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa media po-up book untuk pembelajaran menulis teks naratif dalam bentuk cerita fantasi. Uji coba kelayakan dari ahli media yang dilakukan tiga kali mencapai nilai akhir sebesar 93% dengan kriteria layak diujicobakan, dari tahap valiai oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 95% dengan kriteria layak digunakan, dari ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 94% dengan kriteria layak diujicobakan, dan dari praktisi lapangan memperoleh skor sebesar 96% dengan kriteria layak diujicobakan. Tanggapan siswa pada media pop-up book bermuatan nilai karakter untuk pembelajaran menulis teks naratif dalam bentuk cerita fantasi sebagai media penunjang pembelajaran memperoleh presentase nilai sebesar 90%. Kata kunci: Pengembangan, Media Pop-up Book, Pembelajaran Teks Naratif, Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: STANIA HIBATULLOH
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:00
Last Modified: 24 Dec 2024 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16210

Actions (login required)

View Item View Item