SYAROF, FADHLI AHMAD (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 PAPAR. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
932136419_prabab.pdf Download (920kB) |
|
Text
932136419_bab1.pdf Download (429kB) |
|
Text
932136419_bab2.pdf Download (407kB) |
|
Text
932136419_bab3.pdf Download (133kB) |
|
Text
932136419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text
932136419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
932136419_bab6.pdf Download (92kB) |
|
Text
932136419_daftarpustaka.pdf Download (327kB) |
|
Text
932136419_lampiran.pdf Download (211kB) |
|
Text
932136419_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
Abstract
FADHLI AHMAD SYAROF, Dosen Pembimbing: Bapak Dr. Muniron, M.Ag. dan bapak Muhammad Nabil Khasbullah, S.EI, M.Pd.I. Implementasi Pembelajaran Pai Untuk Mewujudkan N ilai-Nilai Moderasi Beragama Di SMA Negeri 1 Papar. Pendidikan Agama Islam, Fakultas T arbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri 2024. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PAI, Moderasi Beragama Penelitian ini menginvestigasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mewujudkan nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 1 Papar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perencanaan, pelaksanaan, dan implikasi dari pembelajaran PAI dalam konteks menciptakan sikap moderasi beragama di kalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru PAI, dan analisis dokumen kurikulum serta materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Papar telah mengintegrasikan konsep moderasi beragama sejak tahap penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guruguru berkolaborasi untuk memastikan konsistensi dalam penyampaian materi yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode yang beragam seperti ceramah dan diskusi, yang bertujuan untuk membentuk sikap toleransi, menghormati, dan saling menghargai di antara siswa. Implikasi dari pembelajaran PAI yang efektif terlihat dari dampak positifnya terhadap siswa, termasuk peningkatan dalam sikap religius, sosial, dan kepedulian sosial. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pendidikan agama yang inklusif dan relevan dalam mendukung moderasi beragama di lingkungan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FADHLI AHMAD SYAROF |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16084 |
Actions (login required)
View Item |