Silviana, Alya Nadilla (2024) Studi Tantangan dan Strategi Adaptasi Mahasiswa Prodi Bahasa Arab IAIN Kediri Tanpa Kemampuan Dasar Bahasa Arab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932509320_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932509320_bab1.pdf Download (453kB) |
|
Text
932509320_bab2.pdf Download (467kB) |
|
Text
932509320_bab3.pdf Download (455kB) |
|
Text
932509320_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
Text
932509320_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text
932509320_bab6.pdf Download (172kB) |
|
Text
932509320_daftar_pustaka.pdf Download (447kB) |
|
Image
Surat Peryataan-3.jpeg Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
Abstract
Tantangan adaptasi yang dihadapi oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab tanpa kemampuan dasar dalam bahasa Arab adalah Mereka kesulitan dalam memahami materi, mengikuti diskusi, menyelesaikan tugas, dan bisa merasa terisolasi secara sosial. Hal ini dapat menghambat perkembangan akademik dan adaptasi mereka di lingkungan pendidikan tersebut. Strategi adaptasi mahasiswa strategi adaptasi adalah rencana atau langkah-langkah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dan tantangan yang mereka hadapi ketika menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, strategi ini bertujuan untuk memfasilitasi proses penyesuaian dan memastikan bahwa mahasiswa dapat belajar dan berkembang dengan efektif. Tujuan penelitian ini untuk : 1) Mengetahui tantangan apa yang sedang dihadapi mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab di IAIN Kediri yang tidak memiiki kemampuan dasar bahasa arab. 2) Mengetahui strategi adaptasi mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab di IAIN Kediri yang tidak memiliki kemampuan dasar bahasa arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus dan mengambil lokasi penelitian di IAIN Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab angkatan 2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) tantangan yang dihadapi mahasiswa program studi bahasa Arab di IAIN Kediti tanpa kemampuan dasar bahasa Arab adalah Kesulitan memahami materi perkuliahan, Materi perkuliahan yang disampaikan dalam bahasa Arab akan sulit diikuti, sehingga mahasiswa tertinggal dalam memahami konsep-konsep penting, Kurangnya motivasi, tanpa adanya motivasi dapat dipastikan orang itu tidak akan bergerak sedikit pun dari tempatnya, Terbatasnya praktik dalam kelas, tanpa adanya praktik mahasiswa akan lebih kesulitan menangkap materi pembelajaran. 2) adapun strategi adaptasi mahasiswa program studi bahasa arab di IAIN Kediri tanpa memiliki kemampuan dasar bahasa arab adalah strategi yang dilakukan ketika mengalami kesulitan materi pembelajaran bahasa arab dengan mengikuti kursus, belajar mandiri, Sebagai seorang pengajar dosen juga sebaiknya memberikan penguatan positif kepada mahasiswa yang berprestasi dalam mempelajari bahasa Arab. Hal ini dapat mendorong mahasiswa lain untuk lebih termotivasi dan berminat dalam belajar bahasa Arab, Strategi yang bisa dilakukan dengan cara praktek mandiri setiap hari, memanfaatkan aplikasi pembelajaran online untuk melatih kosakata, dan bergabung dengan kelompok belajar atau komunitas belajar bahasa arab untuk berlatih bersama dan mendiskusikan topik-topik yang menarik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ALYA NADILLA SILVIANA |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 08:16 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 08:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16042 |
Actions (login required)
View Item |