Karina, Karina Puja Wardhana (2024) Kritik Sosial Dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie Tahun 2021 Dan Relevansinya Bagi Pembelajaran Menulis Kreatif Siswa SMA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20207006_Prabab.pdf Download (989kB) |
|
Text
20207006_Bab 1.pdf Download (628kB) |
|
Text
20207006_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
20207006_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
Text
20207006_Bab 4.pdf Download (255kB) |
|
Text
20207006_Daftarpustaka.pdf Download (502kB) |
|
Text
20207006_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
|
Text
20207006_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang muncul pada novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kritik sosial yang muncul dalam novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie tahun 2021 dilihat dari masalah sosialnya, (2) untuk mengetahui relevansi novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie tahun 2021 terhadap pembelajaran menulis kreatif bagi siswa SMA. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data dalam penelitian ini merupakan novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie tahun 2021, pemenang II sayembara menulis novel dewan kesenian jakarta 2014. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meneliti dan menelaah dari berbagai literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model content analysis (analisis isi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kritik sosial dalam novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie tahun 2021 berupa, 9 kritik sosial disorganisasi keluarga, 4 kritik sosial kemiskinan dan 4 kritik sosial masalah generasi muda dalam masyarakat modern dan terakhir yaitu, relevansi bagi pembelajaran menulis kreatif siswa sma dengan materi sastra,tepatnya pada pengembangan apresiasi prosa bertema lingkungan (alam dan sosial) dengan ranah disorganisasi keluarga, kemiskinan dan masalah generasi muda dalam masyarakat modern. Oleh karena itu, isu tersebut dapat menjadi tema untuk pembelajaran menulis kreatif siswa sma, sehingga sangat relevan untuk dijadikan sebagai penunjang untuk pembelajaran menulis kreatif siswa sma.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | KARINA PUJA WARDHANA |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 06:37 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 06:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15887 |
Actions (login required)
View Item |