Strategi Komunikasi Radio Jayabaya Fm Kota Kediri Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era New Media

Hanafi, Alif (2024) Strategi Komunikasi Radio Jayabaya Fm Kota Kediri Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era New Media. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103065_prabab.pdf

Download (318kB)
[img] Text
20103065_bab1.pdf

Download (638kB)
[img] Text
20103065_bab2.pdf

Download (765kB)
[img] Text
20103065_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
20103065_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
20103065_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
20103065_bab6.pdf

Download (564kB)
[img] Text
20103065_daftarpustaka.pdf

Download (482kB)
[img] Text
20103065_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
20103065_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (134kB)

Abstract

Semakin berkembangya kemajuan teknologi menjadikan setiap individu memperbarui informasi yang terjadi seiring waktu. Di sisi lain, kehadiran new media telah menggeser kehadiran media yang lain. Salah satu yang paling terpengaruh adalah Radio Jayabaya FM. Radio ini merupakan salah satu radio yang terkenal di wilayah Kediri. Radio Jayabaya FM memiliki cara yang inovatif dan diharapkan untuk mengikuti keberadaan radio mengatasi persaingan dengan media yang berbeda dan dengan kompetitor radio lainnya. Berdasarkan dari gambaran tersebut fokus penelitian yang dikaji adalah : 1) Bagaimana strategi komunikasi Radio Jayabaya FM Kota Kediri dalam mempertahankan eksistensinya di era new media? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi Radio Jayabaya FM Kota Kediri dalam mempertahankan eksistensinya di era new media? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data utama diperoleh dari para informan yakni lima informan yang merupakan manager, penyiar dan staf marketing Radio Jayabaya FM, sedangkan data-data tambahan diperoleh dari buku, skripsi, jurnal dan dokumentasi pendukung. Analisa data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dalam mengupas penelitian ini, peneliti menggunakan teori komunikasi Harold D. Lasswell dan strategi komunikasi Onong Uchjana Effendy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi komunikasi Radio Jayabaya FM Kota Kediri dalam mempertahankan eksistensinya di era new media yaitu dengan strategi komunikasi yang disesuaikan dengan geografi yang mana bahasa yang digunakan adalah jawa dengan perpaduan konten lagu-lagu jawa sebagai pendekatan yang menekankan kearifan lokal, serta informasi dan tips kesehatan untuk hidup sehat. 2) Faktor pendukung dalam mempertahankan eksistensinya yaitu fasilitas siaran yang memadai serta didukung dengan beragamnya program yang disajikan seperti informasi, budaya, religi, dan hiburan menjadi daya tarik bagi pendengar. Faktor penghambatnya yaitu kurang maksimalnya maintenance terhadap layanan radio streaming dan kurangnya tenaga penyiar membuat penyiar bekerja lebih lama yang mengakibatkan efektivitas pesan menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ALIF HANAFI
Date Deposited: 26 Nov 2024 03:16
Last Modified: 26 Nov 2024 03:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item View Item