Zamani, M. Fatich Ilham (2024) Eksploitasi Seksualitas Wanita Dalam Media Jurnalisme Online Okezone.com. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933513719_prabab.pdf Download (669kB) |
|
Text
933513719_bab1.pdf Download (513kB) |
|
Text
933513719_bab2.pdf Download (328kB) |
|
Text
933513719_bab3.pdf Download (286kB) |
|
Text
933513719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
933513719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
933513719_bab6.pdf Download (93kB) |
|
Text
933513719_daftarpustaka.pdf Download (274kB) |
|
Text
933513719_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (145kB) |
Abstract
Dalam perkembangannya saat ini, media massa melahirkan platform digital yang lebih mudah diakses oleh siapapun. Namun platform digital inipun memiliki tantangan dalam usaha menarik minat pengunjung, oleh karena itu portal berita online akan berusaha untuk menyajikan berbagai macam artikel berita yang dapat menarik minat pengunjung. Sayangnya dalam usahanya ini media terkadang melakukan berbagai cara bahkan melakukan pengeksploitasian terhadap wanita. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Eksploitasi Seksualitas Wanita Dalam Media Jurnalisme Online Okezone.com”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindakan eksploitasi yang terjadi dalam media jurnalisme online Okezone.com Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes dengan lima kode analisisnya. Objek penelitian adalah Okezone.com. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung dari situs Okezone.com sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, dan artikel yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tanda-tanda eksploitasi seksualitas wanita berdasarkan kode heurmeneutik: wanita dieksploitasi sebagai alat penarik pembaca, kode semik: penggunaan potret wanita yang memakai pakaian terbuka, kode simbolik: daya tarik seksualitas wanita terlihat dari gesture atau pose wanita yang digunakan untuk memancing hasrat pembaca, kode proaretik: media massa menjadi penyedia dan penyebar konten-konten ini, kode gnomik: budaya luar khususnya budaya barat yang mempengaruhi budaya lokal saat ini melalui gaya berpakaian yang terbuka yang tidak sesuai dengan budaya Islam dan nilai agama yang kental di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | M. FATICH ILHAM ZAMANI |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 05:03 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 05:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15737 |
Actions (login required)
View Item |