Rahma, Adinda Dwi Ayu (2024) Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Di UMK JTB Okuy Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934111820_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
934111820_bab1.pdf Download (321kB) |
|
Text
934111820_bab2.pdf Download (294kB) |
|
Text
934111820_bab3.pdf Download (218kB) |
|
Text
934111820_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
934111820_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
934111820_bab6.pdf Download (174kB) |
|
Text
934111820_daftarpustaka.pdf Download (376kB) |
|
Text
934111820_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
934111820_pernyataan persetujuan publikasi.pdf Download (47kB) |
Abstract
Strategi pemasaran merupakan rencana yang mengarahkan bagaimana sebuah usaha berinteraksi dengan konsumennya untuk mencapai tujuan pemasaran, salah satunya dalam peningkatan volume penjualan. Strategi pemasaran dapat berupa peningkatan kualitas dan inovasi produk serta mengoptimalkan media sosial. UMK JTB Okuy merupakan usaha mikro yang telah menjalankan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualannya, dimana strategi tersebut mengacu pada prinsip-prinsip pemasaran yang sejalan dengan syariah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di UMK JTB Okuy di Kota Kediri; (2) Menganalisis Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMK JTB Okuy Kota Kediri Ditinjau Dari Syariah Marketing. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang dijalankan pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dijalankan oleh UMK JTB Okuy yakni mengoptimalkan sosial media, menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan diskon dan testimoni serta selalu melakukan inovasi terhadap produknya. Strategi pemasaran tersebut berperan dalam meningkatkan daya tarik dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen, serta membangun kepercayaan konsumen. Hal tersebut secara efektif berdampak positif pada peningkatan volume penjualan UMK JTB Okuy. Sehingga selama tahun 2021 hingga tahun 2023, penjualan pada usaha tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan seperti kondisi pasar dan kemampuan penjual, modal serta kondisi organisasi perusahaan. Strategi pemasaran yang dijalankan tersebut juga telah sesuai dengan nilai-nilai syariah dimana kegiatan usaha senantiasa dijiwai oleh nilai-nilai religius yang mengacu pada karakteristik syariah marketing.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Adinda Dwi Ayu Rahma |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:32 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15709 |
Actions (login required)
View Item |