Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Wordwall Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Sholihah, Mufidatus (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Wordwall Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
20208019_prabab.pdf

Download (821kB)
[img] Text
20208019_bab1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
20208019_bab2.pdf

Download (842kB)
[img] Text
20208019_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
20208019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
20208019_bab5.pdf

Download (188kB)
[img] Text
20208019_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Mufidatus Sholihah.pdf

Download (190kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah sarana yang amat penting dalam proses kegiatan belajar siswa. Proses pembelajaran yang membosankan membuat minat belajar siswa menurun, hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sebagai metode pembelajaran yang digunakan. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilakukan dengan adanya pengembangan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web wordwall pada materi klasifikasi makhluk hidup, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web wordwall pada materi klasifikasi makhluk hidup, (3) mengetahui kefektifan media pembelajaran interaktif berbasis web wordwall pada materi klasifikasi makhluk hidup. Media ini berbentuk aplikasi yang di dalamnya terdapat capaian belajar, informasi, materi, video, dan latihan soal yang berbasis web wordwall. Jenis penelitian ini adalah RnD dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Define, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 MTsN 6 Nganjuk yang berjumlah 20 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi lapangan dan pengisian angket oleh beberapa ahli. Teknik validasi media ini melibatkan dua dosen Tadris IPA IAIN Kediri, dua guru MTsN 6 Nganjuk, dan lima siswa kelas VII-2 MTsn 6 Nganjuk. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengukur tingkat kevalidan adalah menggunakan skala likert dan untuk mengukur keefektivan sebuah media dilakukan uji N-Gain untuk soal pretest-posttest dan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil persentase rata-rata yang didapatkan dari uji kevalidan dari ahli media adalah 95% dengan kategori sangat valid, dari ahli materi adalah 90% dengan kategori sangat valid, dari penilaian pengguna adalah 93,75 % dengan kategori sangat valid. Sedangkan persentase rata-rata yang didapatkan dari uji keefektivan dari uji hipotesis Paired Sample T-Test pada angket minat belajar siswa mendapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00, dari uji hipotesis Paired Sample T-Test pada soal pretest-posttest mendapatkan nilai signifikansi 0,000, dan dari uji N-Gain mendapatkan nilai 0,75% dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web wordwall mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: MUFIDATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:08
Last Modified: 18 Nov 2024 06:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item