Izulhaq, Eri Ardiansyah (2024) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMA Terbuka Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932408119_Prababpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
932408119_BAB 1.pdf Download (296kB) |
|
Text
932408119_BAB 2.pdf Download (155kB) |
|
Text
932408119_BAB 3.pdf Download (322kB) |
|
Text
932408119_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
932408119_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
932408119_BAB 6.pdf Download (83kB) |
|
Text
932408119_daftar pustaka.pdf Download (75kB) |
|
Text
932408119_Lampiran.pdf Download (448kB) |
|
Text
932408119_Pernyataan upload karya ilmiah.pdf Download (117kB) |
Abstract
Pencapaian seorang pendidik sangatlah membutuhkan suatu aktifitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru yakni adanya pengawasan (Supervisi) oleh kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai aktor utama dalam pelaksanaan supervisi, sehingga kepala sekolah dituntun untuk menguasai kompetensi dasar. Dimana rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia disebabkah oleh menurunnya kompetensi guru. Dengan demikian, kepala sekolah memiliki peran penting dalam mendidik dan membimbing guru. Keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan pembimbingan tersebut membutuhkan manajemen yang handal dalam berbagai aspek manajerial kepemimpinannya. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk meningkatkan kemampuan guru, penilaian dan evaluasi dalam perancangan pembelajaran di SMA Terbuka (SMATER) Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan. desktiptif. Data penelitian ini bersumber dari data primer, dan data sekunder, data primer penelitian ini dari hasil wawancara kepada obyek penelitian yaitu kepala sekolah SMA Terbuka Kota Kediri (SMATER Kota Kediri). sumber data sekunder yaitu berupa dokumen, surat-surat maupun arsip di SMA Terbuka Kota Kediri (SMATER Kota Kediri). Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecakan keabsahan data penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah kepala sekolah berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, dimana kepala sekolah melakukan bimbingan terhadap guru untuk memperbaiki kondisi personal maupun material yang dikemas dalam forum setiap awal semester, kegiatan tersebut meliputi pembekalan, penyususnan, dan evaluasi RPP, serta rancangan model pembelajaran. Kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran memberikan motivasi terhadap guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan, evaluasi, maupun penilaian untuk mempermudah pekerjaan guru dan meningkatkan kualitas kerja yang dilakukan guru. Kepala sekolah juga selalu mendorong guru untuk mengikuti keiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru. Evaluasi dan penlian kepala sekolah SMA Terbuka Kota Kediri berbentuk rapat yang diadakan berkala setiap satu minggu dan rapat koordinasi di akhir minggu pada setiap bulannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | IZULHAQ ERI ARDIANSYAH |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:26 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15596 |
Actions (login required)
View Item |