Amalia, Diah Rizqi (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932611418_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932611418_bab1.pdf Download (178kB) |
|
Text
932611418_bab2.pdf Download (148kB) |
|
Text
932611418_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
932611418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932611418_bab5.pdf Download (126kB) |
|
Text
932611418_daftarpustaka.pdf Download (129kB) |
|
Text
932611418_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
932611418_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Masing-masing peserta didik memiliki karakteristik berbeda untuk memahami suatu pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Pendidik diharapkan mampu untuk memahami perbedaan dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran. Kretaifitas tersebut salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik peserta didik untuk lebih efektif dalam kegiatan pembelajaran. Media yang dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran salah satunya yaitu video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan media video pembelajaran ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi 5 tahap pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas V-C MI Miftahul Huda Ngreco. Hasil dari penelitian ini diperoleh berdasarkan uji validasi media. Uji yang pertama adalah uji ahli media dengan persentase sebesar 87,5% yang diperoleh dari validator ahli media pembelajaran. Kedua, yaitu uji ahli materi dengan peroleh sebesar 80% yang diperoleh dari validator ahli materi pelajaran IPA. Ketiga adalah uji coba peserta didik kelompok kecil sebesar 90% dan uji coba peserta didik kelompok besar diperoleh presentase 86,4%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji coba yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini dapat digunakan pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DIAH RIZQI AMALIA |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 04:31 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 04:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15394 |
Actions (login required)
View Item |