Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Memirsa Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Sumbermulyo 1 Kabupaten Jombang

Farichah, Lailatul (2024) Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Memirsa Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Sumbermulyo 1 Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206085_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20206085_bab1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20206085_bab2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
20206085_bab3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20206085_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20206085_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206085_bab6.pdf

Download (493kB)
[img] Text
20206085_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932608520_Persetujuan publikai KTI Perpus.pdf

Download (564kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca dan memirsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Sumbermulyo 1 kabupaten Jombang. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media Big Book, 2) Untuk mengetahui kelayakan media Big Book, dan 3) Untuk mengetahui media Big Book dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memirsa peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN Sumbermulyo 1 kabupaten Jombang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pendekatan kuantitatif dan model pengembangan penelitian ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluate). Penelitian ini menghasilkan media Big Book diimplementasikan kepada 27 peserta didik kelas II SDN Sumbermulyo 1. Hasil penelitian ini melalui proses validator memperoleh nilai bahwa media layak digunakan. Implementasi media mengalami peningkatan berdasarkan tes EGRA (Early Grade Reading Assesment) sebesar 10% yang awalnya 77,5% menjadi 87,5%. Dan rata-rata pretest-posttest yaitu 67,04 dan 90,56. Berdasarkan uji N-Gain terdapat 16 peserta didik termasuk kategori tinggi dan 11 peserta didik termasuk kategori sedang. Kesimpulannya, media Big Book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memirsa peserta didik kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Sumbermulyo 1 kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAILATUL FARICHAH
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:06
Last Modified: 07 Oct 2024 08:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item