KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS PONDOK PESANTREN MODERN INTERNATIONAL SCHOOL (STUDI KASUS SMP AQOBAH JOMBANG)

ABIDAH, AZMIE AULIYAUL (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS PONDOK PESANTREN MODERN INTERNATIONAL SCHOOL (STUDI KASUS SMP AQOBAH JOMBANG). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932309019_PRABAB.pdf

Download (808kB)
[img] Text
932309019_BAB1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932309019_BAB2.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932309019_BAB3.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932309019_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
932309019_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
932309019_BAB6.pdf

Download (79kB)
[img] Text
932309019_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932309019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan survei yang diadakan oleh PISA literasi matematis di indonesia masih sangat rendah. Literasi matematis adalah kemampuan seseorang atau individu untuk Menjelaskan (Formulting), menerapkan (Formulating), menafsirkan kembali (interpreting) matematika dalam berbagai konteks pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis sangat diperlukan utuk mengajak siswa berpikir kritis. Sikap berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan matematika ini dapat mempengaruhi kegiatan siswa belajar non formal lainnya saat dipondok. Maka semakin baik literasi yang dimiliki oleh siswa atau individu, maka dalam kegiatan belajarnya juga akan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis berdasarkan hasil kemampuan siswa sekolah menengah pertama di pondok pesantren berbasis modern international school. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunde. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes tertulis dan wawancara yang telah divalidasi oleh 3 ahli. Penelitian ini diambil di SMP AQOBAH JOMBANG yang berjumlah 6 subjek. Leabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan berkemampuan literasi matematis tinggi dimana dapat menjawab 3 soal AKM dengan masing-masing tingkatan level pemahaman, penerapan, dan penalaran pada setiap soal yang diberikan juga sesuai dengan indikator literasi matematis yaitu menjelaskan, menerapkan, dan menafsirkan. Siswa dengan kemampuan sedang dimana dapat menjawab 2 soal dari 3 soal yang diberikan sesuai dengan level soal AKM dan indikator literasi matematis. Siswa dengan kemampuan literasi atematis rendah dimana hanya bisa menjawab 1 soal dengan benar susuai dengan indikator literasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra (Logika Matematika, Teori Himpunan, Kisi dan Aljabar Universal)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010301 Numerical Analysis (Analisis numerik)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Azmie Auliyaul Abidah
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:04
Last Modified: 09 Oct 2024 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item