Kerjasama Bisnis Waralaba Pizza Super Pare Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah

Alwi, Ahmad Syarifuddin (2024) Kerjasama Bisnis Waralaba Pizza Super Pare Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Kediri.

[img] Text
931208719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931208719_bab1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
931208719_bab2.pdf

Download (335kB)
[img] Text
931208719_bab3.pdf

Download (65kB)
[img] Text
931208719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
931208719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
931208719_bab6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
931208719_daftarpustaka.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi alwi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi alwi.pdf

Download (127kB)

Abstract

Franchise atau waralaba merupakan kerjasama perdagangan barang dan jasa antara pengusaha. Sistem waralaba dianggap menguntungkan bagi pemberi dan penerima waralaba. Pemberi waralaba memperluas jaringan distribusi dengan modal minimal dan mendapatkan penghasilan dari penerima waralaba. Waralaba adalah model bisnis yang melibatkan pemberian hak penggunaan atas kekayaan intelektual dan sistem operasional oleh pemberi waralaba kepada penerima waralaba, dengan kewajiban membayar royalty sebagai imbalan, sebagaimana yang telah dilakukan oleh usaha Pizza Super Pare. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik kerjasama waralaba usaha Pizza Super Pare? dan bagaimana praktik kerjasama bisnis waralaba usaha Pizza Super Pare ditinjau Hukum Ekonomi Syariah?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui praktik kerjasama waralaba Pizza Super Pare, dan untuk mengetahui praktik kerjasama waralaba Pizza Super Pare ditinjau Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan sosio-legal, pada pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap usaha Pizza Super. Proses pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Data yang diperoleh dari pemilik usaha Pizza Super dikelompokkan dan diseleksi berdasarkan kualitas dan kebenarannya, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Waralaba ini merupakan jenis waralaba format bisnis yang menyediakan sistem lengkap untuk menjalankan bisnis, termasuk pelatihan dan konsultasi di berbagai bidang seperti pemasaran dan manajemen. Mitra waralaba harus membayar franchisee fee sebesar Rp. 12.000.000 atau Rp. 15.000.000 untuk jangka waktu 3 tahun, serta uang muka sebesar 50% dari total franchisee fee saat perjanjian ditandatangani. Pembayaran ini memberikan hak kepada mitra untuk mendapatkan merek dagang dan format bisnis Pizza Super, serta perlengkapan usaha. Setelah perlengkapan lengkap, mitra harus melunasi sisa franchisee fee. 2). Praktik kerjasama waralaba Pizza Super tidak bertentangan dengan hukum ekonomi syariah, karena memenuhi syarat dan rukun musyarakah seperti ijab qobul, pelaku, objek musyarakah. Akad ini termasuk jenis Syirkah uqud lebih khususnya syirkah inan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012706 Musyarakah, Syirkah, Mudharabah (Joint Venture)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: AHMAD SYARIFUDDIN ALWI
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:34
Last Modified: 03 Oct 2024 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item