Kerjasama Kepala Sekolah Dan Kepala Tpq Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an Siswa MI BABUSSALAM Tambar Jogoroto Jombang

Ardiansyah, Muhammad Agus (2024) Kerjasama Kepala Sekolah Dan Kepala Tpq Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an Siswa MI BABUSSALAM Tambar Jogoroto Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932410519_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932410519_bab1.pdf

Download (510kB)
[img] Text
932410519_bab2.pdf

Download (591kB)
[img] Text
932410519_bab3.pdf

Download (496kB)
[img] Text
932410519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
932410519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
932410519_bab6.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932410519_Daftar_Pustaka.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Kejasama Kepala Sekolah dan Kepala TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis AL Qur’an Siswa MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan kerjasama kepala sekolah dan kepala TPQ pada tahap perencanaan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. 2) Untuk mendeskripsikan kerjasama kepala sekolah dan kepala TPQ pada tahap pelaksanaan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. 3) Untuk mendekripsikan kerjasama kepala sekolah dan kepala TPQ pada tahap evaluasi meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari Kepala Madrasah, Kepala TPQ, dan guru (Ustadz/Ustadzah). Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui pengecekan data dengan memperpanjang keterlibatan, pengamatan terus-menerus dan triangulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Kerjasama Kepala sekolah dan Kepala TPQ dalam perencanaan diantaranya menentukan dan merinci tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan visi dan misi yang telah ada, menentukan materi program mulai dari surat-surat yang harus dihafalkan maqra yang harus ditulis, membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta menentukan alokasi waktu pembelajaran. 2) Kerjasama kepala sekolah dan Kepala TPQ dalam Pelaksanaan dengan memberikan masukan atau memotivasi ustadz/ustadzah agar hadir tepat waktu, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat, serta memberikan insentif yang sesuai dengan beban kerjanya, serta melakukan supervisi baik yang terencana (sudah ditentukan) ataupun dadakan dengan tujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran secara real. 3) Kerjasama kepala sekolah dan kepala TPQ dalam pengawasan dan evaluasi dengan melakukan pengawasan secara rutin terhadap kehadiran, keaktifan, kekreatifan ustadz/ustadzah dalam melakukan pembelajaran selama kegiatan TPQ berlangsung. Selain itu, kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui hasil ketercapain sekaligus memberikan timbal balik rutin dilakukan minimal tiap semester satu kali.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: MUHAMMAD AGUS ARDIANSYAH
Date Deposited: 03 Oct 2024 08:16
Last Modified: 03 Oct 2024 08:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item