Arliza, Nadia and UNSPECIFIED (2024) Perbedaan Kecerdasan Logis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932302920_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932302920_bab1.pdf Download (534kB) |
|
Text
932302920_bab2.pdf Download (777kB) |
|
Text
932302920_bab3.pdf Download (664kB) |
|
Text
932302920_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
|
Text
932302920_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
932302920_bab6.pdf Download (369kB) |
|
Text
932302920_daftarpustaka.pdf Download (462kB) |
|
Text
932302920_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
932302920_pernyataanpublikasi.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kecerdasan logis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari gender dan gaya belajar. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Kausal Komparatif (Causal Comparative) dan desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu faktorial 2×3. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pare. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pare. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 72 siswa dari kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 1 Pare. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal tes kecerdasan logis matematis dan non tes berupa kuesioner gaya belajar. Instruman pengumpulan data terdiri dari lembar kuesioner gaya belajar dan lembar tes soal kecerdasan logis matematis materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari uji prasyarat analisis serta uji hipotesis. Prosedur pengumpulan data dimulai dari pemberian kuesioner gaya belajar kepada sampel penelitian. Selanjutnya yaitu pelaksanaan tes kecerdasan logis matematis kepada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 1 Pare lebih dominan pada gaya belajar auditorial, (2) Kecerdasan logis matematis siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki, (3) Kecerdasan logis siswa dengan gaya belajar auditorial lebih tinggi daripada gaya belajar visual maupun kinestetik, (4) Terdapat perbedaan kecerdasan logis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) jika ditinjau dari gender, (5) Tidak terdapat perbedaan kecerdasan logis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) jika ditinjau dari gaya belajar, (6) Terdapat perbedaan kecerdasan logis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) jika ditinjau dari gender dan gaya belajar. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil kuesioner dan soal tes kecerdasan logis matematis yang seragam. Faktor gender perlu dipertimbangkan dalam pengembangan strategi pembelajaran matematika, terutama pada siswa laki-laki untuk mengembangkan kecerdasan logis matematisnya. Sedangkan pentingnya mempertimbangkan variasi gaya belajar tergantung pada jenis soal dan metode pengajaran yang digunakan. Guru dapat mempertimbangkan pembuatan soal yang bervariasi untuk mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | NADIA ARLIZA |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 02:40 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 02:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15163 |
Actions (login required)
View Item |