HIDAYAH, IVA NUR (2024) Hubungan Antara Pola Asuh Islami Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20104062_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20104062_bab1.pdf Download (668kB) |
|
Text
20104062_bab2.pdf Download (659kB) |
|
Text
20104062_bab3.pdf Download (413kB) |
|
Text
20104062_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
Text
20104062_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
Text
20104062_bab6.pdf Download (246kB) |
|
Text
20104062_daftarpustaka.pdf Download (445kB) |
|
Text
20104062_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
20104062_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (212kB) |
Abstract
Iva Nur Hidayah, 2024. Dosen Pembimbing Dr.Moh. Shofiyul Huda MF, M.Ag. dan Lailatul Fitria, M.Psi., Psikolog. Hubungan Antara Pola Asuh Islami dan Penerimaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Gurah Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Kata Kunci: Pola Asuh Islami, Penerimaan Diri, Remaja Panti Asuhan Penerimaan diri salah satu hal yang sangat penting bagi remaja yang tinggal di Panti Asuhan. Jika tidak terpenuhi hal ini, remaja akan mengalami penerimaan diri yang rendah, sehingga tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan dirinya dan lingkungannya. Penerapan pendekatan pola asuh islami dapat membantu remaja mengembangkan identitas diri yang lebih kuat dan persepsi diri yang lebih positif. Remaja yang merasakan dukungan, bimbingan, dan nilai-nilai islami dalam pengasuhan mereka cenderung memiliki penerimaan diri yang lebih positif dan kemampuan yang lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Serta remaja di panti asuhan mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan diri mereka sendiri dan lingkungan sekitar. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui “Hubungan Antara Pola Asuh Islami Dan Penerimaan Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Gurah Kediri”. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan 33 Remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Gurah Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi dasar, dan uji korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel (X) pola asuh islami dan variabel (Y) penerimaan diri dengan nilai korelasi 0,929 bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh Islami dan penerimaan diri remaja di panti asuhan. Pola asuh Islami yang diterapkan secara konsisten oleh pengasuh di panti asuhan ternyata berkontribusi positif terhadap peningkatan penerimaan diri remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | IVA NUR HIDAYAH |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15067 |
Actions (login required)
View Item |