Pengaruh Self-Esteem Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hippocrates – Galenus

Suhana, Khoivatus (2024) Pengaruh Self-Esteem Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hippocrates – Galenus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204080_PRABAB.pdf

Download (996kB)
[img] Text
20204080_BAB1.PDF.pdf

Download (91kB)
[img] Text
20204080_BAB2.PDF.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20204080_BAB3.PDF.pdf

Download (271kB)
[img] Text
20204080_BAB4.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
20204080_BAB5.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
20204080_BAB6.PDF.pdf

Download (84kB)
[img] Text
20204080_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (173kB)
[img] Text
20204080_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20204080_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.PDF.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates – Galenus siswa kelas XI SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sample adalah 78 siswa SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes berupa pemberian angket self-esteem serta angket tipe kepribadian Hippocrates-Galenus. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self-esteem (X) memiliki pengaruh 5,8% secara positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa kelas XI SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Siswa yang menghargai apa yang mereka miliki pada dirinya, akan mencerminkan keyakinan bahwa mereka mampu menyelesaikan soal matematika dengan baik sehingga berakibat meningkatnya kemamapuan komunikasi matematika siswa dan (2) Pengaruh yang diberikan tipe kepribadian Hippocrates-Galenus kepada self-esteem terhadap kemampuan komunikasi adalah pengaruh secara negatif dan tidak signifikan secara statistik. Tidak adanya pengaruh antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dengan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis juga disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut adalah kesadaran siswa dan kondisi lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: KHOIVATUS SUHANA
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:28
Last Modified: 24 Sep 2024 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15047

Actions (login required)

View Item View Item