Suhana, Khoivatus (2024) Pengaruh Self-Esteem Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hippocrates – Galenus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20204080_PRABAB.pdf Download (996kB) |
|
Text
20204080_BAB1.PDF.pdf Download (91kB) |
|
Text
20204080_BAB2.PDF.pdf Download (237kB) |
|
Text
20204080_BAB3.PDF.pdf Download (271kB) |
|
Text
20204080_BAB4.PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text
20204080_BAB5.PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text
20204080_BAB6.PDF.pdf Download (84kB) |
|
Text
20204080_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf Download (173kB) |
|
Text
20204080_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20204080_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.PDF.pdf Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates – Galenus siswa kelas XI SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sample adalah 78 siswa SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes berupa pemberian angket self-esteem serta angket tipe kepribadian Hippocrates-Galenus. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self-esteem (X) memiliki pengaruh 5,8% secara positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa kelas XI SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Siswa yang menghargai apa yang mereka miliki pada dirinya, akan mencerminkan keyakinan bahwa mereka mampu menyelesaikan soal matematika dengan baik sehingga berakibat meningkatnya kemamapuan komunikasi matematika siswa dan (2) Pengaruh yang diberikan tipe kepribadian Hippocrates-Galenus kepada self-esteem terhadap kemampuan komunikasi adalah pengaruh secara negatif dan tidak signifikan secara statistik. Tidak adanya pengaruh antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dengan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis juga disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut adalah kesadaran siswa dan kondisi lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | KHOIVATUS SUHANA |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15047 |
Actions (login required)
View Item |