Pengembangan Media Fun Thinker Book Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDI Plus Ulul Albab Nganjuk

Alvianti, Refy (2024) Pengembangan Media Fun Thinker Book Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDI Plus Ulul Albab Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text (prabab)
20206101_PRABAB.pdf

Download (655kB)
[img] Text (Bab 1)
20206101_BAB1.pdf

Download (305kB)
[img] Text (Bab 2)
20206101_BAB2.pdf

Download (443kB)
[img] Text (Bab 3)
20206101_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (Bab 4)
20206101_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
20206101_BAB5.pdf

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20206101_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
20206101_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf

Download (344kB)

Abstract

Materi sifat bangun datar adalah materi yang sulit dipahami siswa kelas III di SDI Plus Ulul Albab Kelutan Nganjuk kelas III. Salah satu penyebab yaitu minimnya media yang digunakan guru dalam mengajar. Karena itu perlunya pengembangan media. Adanya media pembelajaran, dapat memudahkan siswa dalam belajar Matematika, termasuk media Fun Thinkers Book. Peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran konkrit berupa Fun Thinkers Book sehingga tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book untuk meningkatkan pemahaman siswa; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book mata pelajaran Matematika materi sifat-sifat bangun datar; dan (3) mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas III SDI Plus Ulul Albab setelah menggunakan media Fun Thinkers Book pada materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4)Implementasi, dan (5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini: (1) Pengembangan Media Fun Thinkers Book dengan analisis kebutuhan, kurikulum, dan karakteristik siswa. Desain media menggunakan Canva, dicetak secara virtual. Serta pengimplementasi saat pembelajaran dan disertai evaluasi produk; (2) hasil kelayakan media Fun Thinkers Book dari ahli media mendapatkan skor persentase 100% dan 97,1%, dari ahli materi 97,1% dan 100%, dari ahli soal pretest dan posttest 100%, dari ahli pembelajaran 100%, dan validasi pengguna 100% dengan kategori valid; (3) hasil analisis data menujukkan adanya peningkatan pemahaman media Fun Thinkers Book diperoleh dari respon angket pretest = 49,29 dan meningkat pada hasil posttest = 94,52 sehingga dapat dikatakan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media, selain itu berdasarkan uji Wilcoxon memperoleh -4.056 dengan kesimpulan Ha diterima atau adanya perbedaan, berdasarkan uji N- Gain memperoleh hasil 0,90 yang berarti adanya peningkatan dengan kriteria “tinggi” artinya pembelajaran dengan menggunakan media Fun Thinkers Book dapat dikatakan menarik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa SDI Plus Ulul Albab Kelutan Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: REFY ALVIANTI
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:19
Last Modified: 29 Oct 2024 03:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item