Auliya, Wempi (2024) Pengembangan Bahan Ajar Podcast Spotify Sebagai Media Belajar Mandiri (SRL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Istima' Mahasiswa PBA IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20203085_prabab.pdf Download (946kB) |
|
Text
20203085_bab1.pdf Download (485kB) |
|
Text
20203085_bab2.pdf Download (890kB) |
|
Text
20203085_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
|
Text
20203085_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20203085_bab5.pdf Download (225kB) |
|
Text
20203085_dapus.pdf Download (119kB) |
|
Text
20203085_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi_20203085.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan terus berkembang, termasuk penggunaan podcast sebagai media belajar mandiri yang semakin populer. Di era digital ini, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Kediri membutuhkan akses pembelajaran yang relevan dan menarik, khususnya untuk meningkatkan kemampuan istima' (mendengarkan) dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mengembangkan konten podcast yang sesuai dengan kurikulum PBA IAIN Kediri, mencakup topik mulai dari tata bahasa hingga materi kontemporer untuk memperkaya pemahaman dan keterampilan bahasa Arab. Podcast yang tersedia di platform populer seperti Spotify memberikan kemudahan akses dan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran audio berbasis podcast Spotify efektif dalam meningkatkan kemampuan maharoh istima' peserta didik. Penilaian kelayakan menunjukkan respon sangat positif dari peserta didik dengan rata-rata nilai 87,2%, menandakan media ini diterima dengan sangat baik dan layak digunakan. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai signifikansi 0,085. Perbandingan hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan rata-rata dari 78,75 menjadi 87,75 setelah menggunakan media podcast Spotify. Uji t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi 0,000, mengindikasikan peningkatan signifikan dalam hasil tes. Uji korelasi antara hasil pretest dan posttest juga menunjukkan hubungan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Secara keseluruhan, media pembelajaran audio berbasis podcast Spotify terbukti efektif dan direkomendasikan sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan melalui belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | WEMPI AULIYA |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14781 |
Actions (login required)
View Item |