ROHMAH, IVA AFIFATUR (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DENGAN PROGRAM RELIGIUS SEBAGAI DAYA TARIK MASYARAKAT DI SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
20205057_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205057_bab1.pdf Download (641kB) |
|
Text
20205057_bab2.pdf Download (456kB) |
|
Text
20205057_bab3.pdf Download (437kB) |
|
Text
20205057_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
|
Text
20205057_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
20205057_bab6.pdf Download (204kB) |
|
Text
20205057_daftarpustaka.pdf Download (434kB) |
|
Text
20205057_lampiran.pdf Download (814kB) |
|
Text
20205057_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
Abstract
IVA AFIFATUR ROHMAH, Dosen Pembimbing Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I dan Puspoko Ponco Ratno, M.T. Strategi Pemasaran Pendidikan Dengan Program Religius Sebagai Daya Tarik Masyarakat di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024 Kata Kunci : Strategi Pemasaran Pendidikan, Program Religius Pendidikan merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh semua manusia untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang dituntut untuk mampu serta memiliki keterampilan dan keahlian untuk mempersiapkan dirinya di masa mendatang. Dalam sebuah sekolah juga terdapat sebuah pemasaran pendidikan. Pemasaran pendidikan adalah sebuah suatu proses sosial yang didalam individual dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Dengan adanya pemasaran tersebut sekolah harus memiliki sebuah produk jasa yang dapat menjadi daya tarik sekolah. SD Plus Rahmat merupakan sekolah yang menerapkan Islamic Full Day School sebagai strategi positioning sehingga menjadi daya tarik di sekolah. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran pendidikan dengan program religius sebagai daya tarik masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi, sedangkan narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tim koordinator humas, wali murid. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah SD Plus Rahmat memiliki strategi pemasaran pendidikan dengan program religius sebagai daya tarik masyarakat di SD Plus Rahmat Kota Kediri. (1) dalam strategi pemasaran sekolah, dengan menggunakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi dalam melakukan pemasaran. (2) kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran pendidikan dengan program religius sebagai daya tarik di SD Plus Rahmat Kota Kediri, mengidentifikasi kelebihan yaitu produk jasa sebagai pengembang karakter dan kepemimpinan siswa, kekurangan yaitu lokasi sekolah dan pencatatan kegiatan dirumah yang kurang terlaksana. (3) Implikasi strategi pemasaran pendidikan dengan program religius sebagai daya tarik masyarakat di SD Plus Rahmat Kota Kediri, dalam implikasi strategi pemasaran menggunakan produk jasa program religius dapat dilihat dari kepercayaan, kepuasaan serta peningkatan peserta didik dimana produk jasa dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas sekolah untuk menarik minat masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iva Afifatur Rohmah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14777 |
Actions (login required)
View Item |