PRANSISCHA, NANDA AYU (2024) Evaluasi CIPP Terhadap Model Ctl (Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI- I Di MAN 3 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201181_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201181_bab1.pdf Download (279kB) |
|
Text
20201181_bab2.pdf Download (320kB) |
|
Text
20201181_bab3.pdf Download (205kB) |
|
Text
20201181_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text
20201181_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
20201181_bab6.pdf Download (77kB) |
|
Text
20201181_daftarpustaka.pdf Download (203kB) |
|
Text
20201181_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201181_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (185kB) |
Abstract
Nanda Ayu Pransischa, NIM. 20201181, Evaluasi CIPP Terhadap Model CTL(Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI-I Di Man 3 Blitar. Dosen Pembimbing I Novi Rosita Rahmawati, M. Pd dan Maimunatun Habibah, M. Pd. I Kata Kunci : Evaluasi, Pembelajaran CTL Dalam penelitian kali ini peneliti memilih MAN 3 Blitar untuk dilakukannya evaluasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning), dikarenakan di MAN 3 Blitar khususnya pada mata pelajaran Fikih kelas XI-I dalam proses belajar belum maksimal mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri, pembelajaran di dalam kelas kurang efektif. Dan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan evalusi model CIPP (Context, Input, Process, Product) pada mata pelajaran Fikih kelas XI-I di MAN 3 Blitar. Penelitian ini merupakan jenis evaluasi pembelajaran. peneliti melakukan evaluasi terkait model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih kelas XI-I di MAN 3 Blitar. Pendekatan yang di gunakan yakni kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, transkripsi rekaman suara, video, atau berupa foto. Data yang sudah terkumpul diolah melalui proses reduksi data,penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Narasumber peneliti adalah guru Fikih dan siswa di MAN 3 Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Context model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih kelas XI-I di MAN 3 Blitar melalui aspek yaitu situasi lingkungan siswa yang aktif, latar belakang pelaksananaan yakni siswa yang mudah merasa bosan, kebutuhan kelas yakni siswa yang kurang cekatan dalam memahami materi, tujuan diterapkannya model CTL agar siswa mampu memahami Waris dan wasiat serta mampu membedakan waris dan wasiat dan manfaat diterapkannya model pembelajaran CTL yakni tujuan pembelajaran terlaksana . Input dari model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih di MAN 3 Blitar meliputi dukungan berupa sosialisasi/diklat dan sarana prasaran yang tersedia, mekanisme perencanaan model pembelajaran yang cukup sesuai. Process model pembelajaran CTL yakni rencana pembelajaran sudah sesuai, Desain/komponen model pembelajaran sudah menjawab kebutuhan siswa, proses implementasi model CTL cukup baik walau ada kekurangan pada authentic assesment, hambatannya siswa yang kurang kondusif. Efektivitas product model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih kelas XI-I di MAN 3 Blitar cukup efektif dan memberikan manfaat pada siswa menjadi tertarik, aktif dan paham materi selama pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NANDA AYU PRANSISCHA |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14749 |
Actions (login required)
View Item |