Ningsih, Dewi Kumala (2024) Perilaku Konsumtif Dalam Pembelin Jilbab Perspektif Konsumsi Islam (Studi Pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2021 IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934121619_prabab.pdf Download (397kB) |
|
Text
934121619_bab1.pdf Download (319kB) |
|
Text
934121619_bab2.pdf Download (274kB) |
|
Text
934121619_bab3.pdf Download (61kB) |
|
Text
934121619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
934121619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
934121619_bab6.pdf Download (21kB) |
|
Text
934121619_daftar_pustaka.pdf Download (149kB) |
|
Text
934121619_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
|
Text
934121619_pernyataanpublikasi.pdf Download (123kB) |
Abstract
DEWI KUMALA NINGSIH, Dosen Pembimbing Nilna Fauza, M.HI dan Siska Yulia Weny, M.Ak. Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Jilbab Perspektif Konsumsi Islam (Studi Pada Mahasiwi Ekonomi Syariah Angkatan 2021 IAIN Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2024. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Jilbab, Konsumsi Islam Konsumsi didefinisikan sebagai semua barang dan jasa yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mencari kepuasan dan memenuhi keinginan adalah pola konsumsi tak terbatas yang menyebabkan perilaku konsumtif. Menurut Indri Anggraini mengkategorikan tingkat perilaku konsumtif berdasarkan intensitas belanja menjadi kategori normal yaitu 1-3x belanja dalam satu bulan, kategori tinggi yaitu 4-7x belanja dalam satu bulan, kategori sangat tinggi yaitu 8->10x belanja dalam satu bulan. Dalam hal ini perilaku konsumsi mahasiswi Ekonomi Syari’ah angkatan 2021 dalam pembelian jilbab dikategorikan tinggi dengan rata-rata pmbelian 2-5 kali dalam satu bulan. Karena perkembangan social media dan perkembangan model jilbab yang beragam menjadikan pola konsumsi mahasiswi semakin meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk menganalisis perilku konsumsi mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 2021 IAIN Kediri 2) untuk menganalisis perilaku konsumtif mahasiwi Ekonomi Syariah angkatan 2021 IAIN Kediri perspektif konsumsi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait yaitu mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 2021. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahaswi dikatakan berperilaku konsumtif karena dalam pembelian jilbab mereka diatas wajar, dengan frekuansi pembelian antara 2-5 kali dalam satu bulan, dengan faktor yang mempengaruhi yaitu motivasi diri sendiri karena social media, teman bermain dan juga lingkungan sekitar. Dampak perilaku konsumtif terhadap mahasiswi yaitu boros,mengurangi kesempatan menbung dan tidak memikirkan kebutuhan mendatang. Namun perilaku konsumtif mahasiswi berdampak positif terhadap penjual. Sedangkan perilaku konsumsi yang dilakukan mahasiswi tidak sesuai dengan konsep konsumsi Islam Dimana mereka boros dalam melakukan pembelian jilbab sehingga menimbulkan sifat israf. Hal ini menjadikan mereka sebagai konsumen yang bersifat irrasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dewi Kumala Ningsih |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14687 |
Actions (login required)
View Item |