ILMIA, FILA CAHYATUL (2024) Strategi Fillet Ikan Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada UD Sari Laut Jaya Pasar Setono Betek Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20403010_prabab.pdf Download (943kB) |
|
Text
20403010_bab1.pdf Download (300kB) |
|
Text
20403010_bab2.pdf Download (289kB) |
|
Text
20403010_bab3.pdf Download (215kB) |
|
Text
20403010_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text
20403010-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
20403010_bab6.pdf Download (139kB) |
|
Text
20403010_daftarpustaka.pdf Download (172kB) |
|
Text
20403010_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi fillet ikan adalah irisan daging tanpa tulang yang dikemas setelah melewati proses pencucian dan juga pemisahan daging dari duri dan kepala ikan. Fillet ikan merupakan salah satu teknologi pengolahan hasil perikanan yang dapat memberi nilai tambah. Hal ini disebabkan pasar internasional yang lebih memilih produk dalam bentuk fillet dari pada ikan utuh. Karena dengan fillet ikan bisa meningkatkan harga jual. Dengan fokus penelitian yakni bagaimana strategi pengolahan fillet ikan pada UD Sari Laut Jaya dan bagaimana strategi fillet ikan dalam meningkatkan penjualan pada UD Sari Laut Jaya. Penelitian ini mempunyai 2 tujuan utama yaitu untuk mengembangkan strategi pengolahan fillet ikan pada UD Sari Laut Jaya dan memaparkan strategi pengolahan fillet ikan dalam meningkatkan penjualan pada UD Sari Laut Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dengan metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Fillet ikan merupakan irisan daging ikan tanpa tulang, sisik, duri, dan kadang-kadang tanpa kulit. Strategi pengolahan fillet ikan meliputi pengembangan produk olahan berbasis pasta, pemanfaatan ikan ekonomis dan non-ekonomis, serta peningkatan efisiensi secara keseluruhan. Pengolahan fillet ikan juga bertujuan untuk memberikan produk yang praktis bagi konsumen dengan waktu memasak yang lebih cepat. Dengan demikian, strategi fillet ikan melibatkan pengembangan produk bernilai tambah, peningkatan efisiensi, dan pemanfaatan ikan secara optimal (2) Strategi pemasaran fillet ikan dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan nilai tambah dari hasil penjualan fillet yang lebih tinggi daripada menjual ikan secara utuh. Selain itu, strategi pemasaran juga dapat meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dalam pengolahan ikan. strategi fillet ikan yang diterapkan oleh UD Sari Laut Jaya sangat berperan dalam meningkatkan penjualan karena berdampak pada Tingkat penjualan yang terus bertambah dengan signifikan. Dapat dilihat dari presentase kenaikan penjualan pada tahun 2021 hingga 2022 mencapai 12% dan pada tahun 2022 hingga 2023 meningkat hingga 18%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Fila Cahyatul Ilmia |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 07:08 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 07:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14650 |
Actions (login required)
View Item |