Analisis Strategi Promosi Produk Skincare Melalui Live Streaming Shopee Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Febi Angkatan 2021 Pengguna Produk Ms Glow Di IAIN Kediri)

Amelia, Amelia (2024) Analisis Strategi Promosi Produk Skincare Melalui Live Streaming Shopee Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Febi Angkatan 2021 Pengguna Produk Ms Glow Di IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20401127_pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401127_bab1.pdf

Download (497kB)
[img] Text
20401127_bab2.pdf

Download (474kB)
[img] Text
20401127_bab3.pdf

Download (337kB)
[img] Text
20401127_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
20401127_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
20401127_bab6.pdf

Download (250kB)
[img] Text
20401127_daftar pustaka.pdf

Download (683kB)

Abstract

Strategi promosi produk skincare melalui platform e-commerce semakin berkembang pesat di era digital ini. Live streaming di Shopee telah menjadi salah satu metode inovatif yang digunakan oleh penjual untuk menarik perhatian konsumen secara lebih interaktif. Dengan interaksi langsung dan demonstrasi produk secara real-time, konsumen dapat memperoleh informasi yang lebih mendetail dan meyakinkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi melalui live streaming dalam meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk skincare ms glow di Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis strategi promosi produk skincare melalui live streaming di Shopee. Pada penelitian ini menggunakan teori dari Ferdinand yang menyatakan bahwa terdapat 4 indikator dalam minat beli konsumen. Selain itu, teori Kotler dan keller juga diadopsi mengenai 2 faktor yang mempengaruhi niat membeli konsumen Sumber data dari penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pelaku bisnis skincare ms glow dan konsumen yang aktif mengikuti live streaming. Selain itu, observasi langsung terhadap beberapa sesi live streaming dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai teknik promosi yang digunakan. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan berbagai literatur yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif untuk mengidentifikasi pola dan strategi yang efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi melalui live streaming di Shopee terbukti efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen produk skincare MS Glow. Fitur live streaming memungkinkan penjual untuk menjawab pertanyaan konsumen secara real-time, yang meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan penjual. Dan Promo yang di tawarkan pada live streaming juga menarik minat beli dari para konsumen, karena harga yang ditawarkan juga relatif murah.Para konsumen yang telah di wawancarai memang sudah memiliki budget tertentu untuk pembelian skincare ini. Dan mereka juga pernah berpindah tempat pembelian skincare ini dari toko satu ke toko yang lainnya. Namun meskipun demikian terdapat pula kekecewaan yang dialami oleh konsumen mengenai waktu kedatangan yang melampaui batas dengan waktu yang telah di tentukan. Meskipun terdapat kekecawan itu, pihak dari shopee memberikan kompensasi berupa voucher berbelanja kepada konsumen yang mengalami kekecewaan. Kata Kunci: Promosi, Live Streaming, Minat Beli, Skincare

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Amelia Amelia
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:01
Last Modified: 06 Sep 2024 07:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item View Item