Dewi, Latifatul Lutwiyah (2024) Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Home Industri Kerupuk Al Mubarak Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934108019_prabab.pdf Download (686kB) |
|
Text
934108019_bab1.pdf Download (475kB) |
|
Text
934108019_bab3.pdf Download (329kB) |
|
Text
934108019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text
934108019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
Text
934108019_bab6.pdf Download (180kB) |
|
Text
934108019_dapus.pdf Download (284kB) |
|
Text
934108019_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DOC-20240905-WA0040..pdf Download (210kB) |
Abstract
DEWI LATIFATUL LUTWIYAH. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Nuril Hidayati, S.FiI.I., M.Hum dan (II) Choirul Anam, MEI. Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Home Industri Kerupuk Al Mubarak Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri 2024. Kata Kunci: Inovasi Produk, Home Industri, Volume Penjualan Dalam persaingan bisnis yang semakin tinggi membuat perusahaan wajib meningkatkan inovasi, supaya bisa bertahan di industri serupa. Oleh karena itu, UMKM Al Mubarak berupaya melakukan inovasi berupa jenis produk, mutu produk, bentuk dan desain produk. Home industri Al Mubarak adalah industri yang berdiri pada tahun 1988 atau selama tiga puluh enam tahun. Oleh karena itu, sudah banyak pengalaman dalam melakukan inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan jenis produk yang telah dilakukan oleh home industri tersebut dalam meningkatkan volume penjualan di Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah informan ada sepuluh. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan sumber data peneliti yaitu pemilik usaha, karyawan, dan konsumen home industri Al Mubarak. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data yang sudah di analisis menggunakan perpanjangan keikutsertaan, perpanjang pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa home industri melakukan inovasi produk di bidang (1) Jenis, kerupuk yang awalnya hanya memproduksi kerupuk bawang, kerupuk pedas dan kerupuk bawang warna warni sekarang ditambah dengan kerupuk rambak tapioka, kerupuk bawang warna warni dan kerupuk bintang (2) Bentuk, yang awalnya hanya berbentuk lingkaran ditambah dengan persegi panjang dan bintang (3) Kemasan, yang awalnya hanya menggunakan kemasan plastik los biasa kini ditambah dengan logo Al Mubarak. Adanya penerapan inovasi juga mengalami peningkatan Pada tahun 2020 omzet penjualan mencapai 30.000.000 dengan rata-rata sekitar Rp. 2.500.000/bulannya, kemudian naik menjadi 40.000.000 di tahun 2021 dengan rata-rata omzet Rp. 3.300.000/bulan. Kemudian tahun 2022 omzet penjualan mencapai Rp. 60.000.000 dengan rata-rata Rp. 5.000.000/bulan. Terakhir tahun 2023 omzet penjualan meningkat sebesar 110.000.000 dengan rata-rata Rp. 9.700.000/bulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | DEWI LATIFATUL LUTWIYAH |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:49 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14573 |
Actions (login required)
View Item |