Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Griya Manik Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang

Putri, Nabila Rahma (2024) Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Griya Manik Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20403040_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20403040_BAB1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
20403040_BAB2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
20403040_BAB3.pdf

Download (416kB)
[img] Text
20403040_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20403040_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
20403040_BAB6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20403040_Daftarpustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text
20403040_lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (383kB)

Abstract

NABILA RAHMA PUTRI, NIM 20403040. Dosen Pembimbing Nilna Fauza, M.HI dan Moch. Zainuddin, M.EI. “Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Griya Manik Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Kediri”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Kata Kunci : Inovasi Poduk, Omset penjualan, Griya Manik Inovasi produk menjadi komponen penting dalam strategi bisnis yang memiliki dampak signifikan terhadap daya saing bisnis. Pentingnya inovasi produk dalam persaingan bisnis menjadi tolak ukur akan kemajuan suatu bisnis guna meningkatkan daya saing dan peningkatan omset penjualan. Dengan melakukan inovasi produk, perusahaan menciptakan produk yang menonjol di masyarakat sehingga menarik minat konsumen. Griya Manik merupakan sebuah industri rumahan yang menjual berbagai macam jenis manik-manik yang berbahan dasar dari limbah kaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari inovasi produk serta untuk mengetahui inovasi produk dalam meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari data primer yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi produk dan melakukan wawancara mengenai produk serta omset penjualan. Dan dari data sekunder yang terkait dengan dokumentasi, buku dan bahan yang terkait dengan penelitian. Data lalu dianalisis menggunakan reduksi data, sajian data, menyimpulkan data. Tahapan terakhir, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Serta perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk memiliki kontribusi terhadap peningkatan omset penjualan manik-manik melalui beberapa mekanisme utama. Namun, tidak semuanya menjadi tolak ukur inovasi produk dalam meningkatkan omset penjualan, hanya ada bebrapa diantaranya, yang pertama desain dan ukuran manik-manik yang inovatif dari segi kombinasi warna maupun desain atau motif yang sesuai dengan keinginan customer, sehingga berhasil menarik perhatian konsumen baru dan meningkatkan minat beli. Kedua, fitur produk dari segi penjualan, yang lebih mengutamakan server atau pelayanan yang cepat kepada customer, hal ini menjadikan banyak customer yang melakukan pemesanan di Griya Manik. Ketiga, penerapan teknologi, seperti platform ecommerce dan media sosial, memperluas jangkauan pasar dan memperkuat strategi pemasaran, sehingga meningkatkan omset penjualan. Keempat, dengan harga yang sesuai budget dan terbilang murah tetapi dengan kualitas yang sama, serta daya saing harga dengan memberikan tawaran yang terbaik juga menjadi salah satu faktor meningkatnya omset penjualan Griya Manik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: NABILA RAHMA PUTRI
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:58
Last Modified: 03 Sep 2024 07:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item View Item