Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Polinomial Ditinjau Dari Dimensi Kepribadian Ekstraversi Eysenck

Aimah, Niswatul (2024) Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Polinomial Ditinjau Dari Dimensi Kepribadian Ekstraversi Eysenck. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204010_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20204010_bab1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
20204010_bab2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
20204010_bab3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
20204010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
20204010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
20204010_bab6.pdf

Download (7MB)
[img] Text
20204010_daftarpustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text
20204010_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
20204010_sp.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi polinomial ditinjau dari dimensi kepribadian ekstraversi Eysenck’s (introvert dan ekstrovert). Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket Eysenck Personality Inventory (EPI) dan soal cerita polinomial. Analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa introvert dan ekstrovert di MAN 5 Kediri berdasarkan pada skor hasil tes. Persamaan skor terletak pada indikator inferensi dan evaluasi. Sedangkan perbedaan skor terdapat pada indikator analisis dan inferensi, dimana pada indikator analisis, siswa ekstrovert lebih unggul. Sedangkan pada indikator inferensi, siswa introvert lebih unggul. Secara umum siswa introvert memenuhi semua indikator dengan baik dan termasuk kategori tinggi. Sedangkan siswa ekstrovert, semua indikator termasuk kategori tinggi kecuali indikator interpretasi berada pada kategori sedang. Siswa introvert lebih dominan pada indikator evaluasi dan inferensi. Sedangkan siswa ekstrovert lebih dominan pada indikator analisis dan evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: NISWATUL A`IMAH
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:35
Last Modified: 03 Sep 2024 06:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14457

Actions (login required)

View Item View Item