Resepsi Khalayak Akun Instagram @Dailyhaid Dalam Dakwah Ning Amiroh Untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Perempuan

Inayah, Aizzatul (2024) Resepsi Khalayak Akun Instagram @Dailyhaid Dalam Dakwah Ning Amiroh Untuk Meningkatkan Pemahaman Fiqih Perempuan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20103160_prabab.pdf

Download (787kB)
[img] Text
20103160_bab1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
20103160_bab2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
20103160_bab3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
20103160_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
20103160_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
20103160_bab6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
20103160_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20103160_lembar pernyataan persetujuan publikasi_.pdf

Download (105kB)

Abstract

Konten media sosial yang disajikan pada masyarakat semakin beragam, salah satunya yaitu konten dakwah. Semakin beragamnya konten yang beredar membuat banyak generasi muda yang mengabaikan pesan-pesan dakwah dan kurang memahami ilmu-ilmu dalam agama Islam, termasuk ilmu fiqih perempuan. Akun @dailyhaid milik Ning Amiroh mampu memberikan edukasi pada masyarakat mengenai ilmu fiqih perempuan yang secara konsisten dibagikan melalui konten Instagram yang dikemas secara menarik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana konten akun @dailyhaid dalam dakwah Ning Amiroh mempengaruhi khalayak dalam pemahaman fiqih perempuan dan bagaimana proses resepsi khalayak pada akun Instagram @dailyhaid dalam dakwah Ning Amiroh untuk meningkatkan pemahaman fiqih perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dan analisis resepsi Stuart Hall. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu followers aktif akun Instagram @dailyhaid yang telah dipilih berdasarkan kriteria tertentu menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian yaitu konten-konten akun @dailyhaid yang diunggah hingga pada 28 Desember 2023. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konten akun @dailyhaid meningkatkan pemahaman khalayak mengenai ilmu fiqih perempuan melalui strategi-strategi yang digunakan oleh Ning Amiroh dalam menyampaikan dakwahnya. Resepsi informan mengenai keahlian pelaku dakwah berada pada posisi 5 dominasi dan 2 negosiasi. Resepsi informan tentang kepercayaan dan daya tarik akun dakwah berada pada posisi dominasi. Resepsi khalayak tentang isi pesan dakwah berada pada posisi 6 dominasi dan 1 negosiasi. Resepsi khalayak tentang visualisasi dan narasi konten berada pada posisi dominan. Resepsi khalayak tentang media dakwah berada pada posisi 4 dominasi dan 3 negosiasi. Tidak ada pemaknaan informan dalam penelitian ini yang berada pada posisi oposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AIZZATUL `INAYAH
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:49
Last Modified: 27 Aug 2024 04:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item