Saninatus, Salma (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TILAWAH AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-1-16.pdf Download (786kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-17-27.pdf Download (604kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-28-44.pdf Download (713kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-45-53.pdf Download (303kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-54-71.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-72-83.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-84-86.pdf Download (272kB) |
||
Text
Saninatus Salma_20201153 (Skripsi)-87-89.pdf Download (388kB) |
||
|
Image
WhatsApp Image 2024-08-27 at 08.44.28.jpeg Download (98kB) | Preview |
|
|
Image
WhatsApp Image 2024-08-27 at 08.44.29.jpeg Download (180kB) | Preview |
|
Text
5_6226442757917905413.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keberagaman dalam keterampilan tilawah al-Qur’an di jenjang Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Kota Kediri yang merupakan salah satu sekolah di Kota Kediri yang siswanya memiliki keberagaman keterampilan dalam membaca al-Qur’an, terkhusus kelas XI. Oleh karena itu, peran guru PAI dalam mengatasi kondisi tersebut menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) mengetahui keterampilan tilawah al-Qur’an siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Kediri, 2.) menganalisis strategi guru PAI SMA Negeri 8 Kota Kediri dalam meningkatkan keterampilan tilawah al-Qur’an siswa, 3.) mengetahui hambatan guru PAI dalam meningkatkan keterampilan tilawah al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari beberapa guru PAI dan perwakilan siswa kelas XI. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan adanya ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.) Kondisi keterampilan tilawah al-Qur’an pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Kediri sangat beraneka ragam diantaranya ada yang kondisinya masih buta huruf al-Qur’an sampai ketika disuruh membaca al-Qur’an yang dibaca bukan huruf hijaiyah, melainkan huruf latinnya, ada siswa yang sudah mampu membaca al-Qur’an tetapi belum lancar dikarenakan belum mendalami ilmu tajwid, ada siswa yang sudah mendalami ilmu tajwid tetapi masih kurang lancar dalam membacanya karena tidak terbiasa membacanya. Ada siswa yang mampu dan sangat lancar bahkan dalam pelafalannya menggunakan langgam suara yang indah, tetapi kondisi siswa ini sangat minoritas di SMA Negeri 8 Kota Kediri. 2.) Strategi yang dilakukan oleh guru PAI SMA Negeri 8 Kota Kediri dalam meningkatkan keterampilan tilawah al-Qur’an siswa yaitu mengadakan program pembiasaan membaca al-Qur’an di awal jam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode talaqqi. 3.) Hambatan guru PAI SMA Negeri 8 Kota Kediri dalam meningkatkan keterampilan tilawah al-Qur’an siswa terletak pada kurangnya peran orang tua untuk memotivasi anaknya akan pentingnya belajar al-Qur’an. Kata Kunci: Strategi Pembelejaran, Tilawah, Metode Talaqqi
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SANINATUS SALMA |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:46 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14363 |
Actions (login required)
View Item |