Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Merchandise Kpop Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi GO Bersih INA Bandung)

Nadia, Shiva (2024) Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Merchandise Kpop Ditinjau Dari Pemasaran Syariah (Studi GO Bersih INA Bandung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931312617_PRABAB.pdf

Download (372kB)
[img] Text
931312617_BAB1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
931312617_BAB2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
931312617_BAB3.pdf

Download (202kB)
[img] Text
931312617_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
931312617_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
931312617_BAB6.pdf

Download (59kB)
[img] Text
931312617_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (667kB)
[img] Text
931312617_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (75kB)

Abstract

Industri hiburan Korea Selatan atau kerap disebut K-pop telah berkembang menjadi fenomena global yang memikat juataan penggemar dunia. Untuk memenuhi kepuasaan dalam mengidolakan idola mereka, para Kpopers akan membeli barang yang menjadikan mereka merasa dekat dengan idola mereka. Pembelian merchandise K-pop dapat dilakukan di GO Bersih INA Bandung. GO Bersih INA berdiri sejak tahun 2019 dimana selalu memenuhi kebutuhan konsumennya yang membutuhkan barang–barang K-POP. Dalam mempertahankan eksistensinya GO Bersih INA Bandung terus meningkatkan strategi pemasarannya guna mencapai tujuannya. Penelitian ini dilakukan untuk memahami strategi yang dilaksanakan GO Bersih INA Bandung dalam meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan implementasi strategi bauran pemasaran pada penjualan merchandise K-Pop di GO Bersih INA. (2) Menjelaskan implementasi strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan merchandise K-Pop ditinjau dari pemasaran syariah pada GO Bersih INA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti melakukan wawancara, obsrvasi, serta dokumentasi guna mendapat data yang diperlukan. Data yang sudah didapat serta terhimpun kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, serta mengambil simpulan. Pengecekan data dilaksanakan memakai triangulasi sumber serta triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Stategi pemasaran yang dilaksanakan GO Bersih INA memakai bauran pemasaran (produk, distribusi, harga, dan promosi) keseluruhannya berpengaruh pada peningkatan penjualan pada GO Bersih INA. (2) Berdasarkan aspek pemasaran syariah, GO Bersih INA telah memenuhi karakteristik dalam yang mengacu atas sifat bisnis Nabi Muhammad yakni shiddiq, amanah, fathannah dan tabligh. Terdapat hal yang kurang tepat dari penjualan GO Bersih INA dalam karakteristik pemasaran syariah pada Teistis (Rabbaniyyah) dan Etis (Akhlaqqiyyah). Dimana GO Bersih INA menjual barang tergolong tersier memiliki maslahat untuk manusia hanya untuk kesenangan semata dan meningkatkan kesejahteraan pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: SHIVA NADIA
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:52
Last Modified: 26 Aug 2024 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item