Eviana, Ira (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 1 Gampengrejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205052_pra bab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20205052_bab 1.pdf Download (163kB) |
|
Text
20205052_bab 2.pdf Download (238kB) |
|
Text
20205052_bab 3.pdf Download (165kB) |
|
Text
20205052_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
|
Text
20205052_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text
20205052_bab 6.pdf Download (58kB) |
|
Text
20205052_daftar pustaka.pdf Download (121kB) |
|
Text
20205052_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Manajemen sumber daya manusia pada setiap organisasi adalah aspek penting bagian dari “6M”, karena manusia menjadi pemeran utama yang memiliki kehendak menjalankan bermacam sumber daya lain. Faktor kunci dalam fenomena ini yaitu bagaimana kualitas sumber daya manusia yang akan melaksanakan, merencanakan, dan mengendalikan berbagai aspek yang terkait dengan dikelola berdasarkan teori dari Wendell French yang menyebutkan bahwa manajemen personalia adalah rekrutmen, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan pendayagunaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu dengan memperoleh sumber data dan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data dengan reduksi data, penyajian data, dan rekrutmen kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan, triangulasi, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini meliputi : 1) Rekrutmen sumber daya manusia dilaksanakan melalui dua jalur yakni melalui rekrutmen guru honorer dan rekrutmen guru PNS. 2) Seleksi sumber daya manusia untuk guru honorer secara langsung dilakukan oleh pihak sekolah, sedangkan seleksi guru PNS merupakan wewenang pemerintah pusat yang nantinya berhak menugaskan guru ke instansi Pendidikan. 3) Pengembangan sumber daya manusia dilaksanakan melalui supervisi Pendidikan dan dengan metode on the job training dan off the job training. 4) Pemeliharaan kesejahteraan sumber daya manusia dilaksanakan berdasarkan dua faktor yaitu faktor hygiene dan faktor motivasi. 5) Pendayagunaan sumber daya manusia dilaksanakan dengan cara memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan setiap sudut sekolah baik dari pendidikan, ketrampilan siswa sampai keindahan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Era Eviana |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:48 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14187 |
Actions (login required)
View Item |