Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri

Muna, Nilna (2024) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205025_PRABAB.pdf

Download (930kB)
[img] Text
20205025_BABI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
20205025_BABII.pdf

Download (457kB)
[img] Text
20205025_BABIII.pdf

Download (454kB)
[img] Text
20205025_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20205025_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
20205025_BABVI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
20205025_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
20205025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20205025_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (129kB)

Abstract

Sekolah merupakan suatu institusi pendidikan yang memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat. Dimana, pendidikan sebagai kebutuhan setiap individu untuk mengembangkan potensi, bakat dan kualitas diri serta menambah ilmu pengetahuan. Sehingga seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak lembaga pendidikan yang berdiri. Dengan banyaknya sekolah yang berdiri menyebabkan tingkat persaingan dalam dunia pendidikan semakin berkembang dengan pesat. Sehingga penyelenggara pendidikan perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat, efektif dan efisien agar tidak tertinggal dengan sekolah lain dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Dengan pelayanan baik yang diberikan oleh madrasah, pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan sehingga pelanggan melakukan pembelian ulang dan ikut serta dalam mempromosikan madrasah. Dimana pelanggan pendidikan dapat memberikan rekomendasi kepada teman maupun saudara dekatnya. Dengan ini, suatu lembaga pendidikan harus memiliki strategi pemasaran jasa pendidikan untuk menarik minat pelanggan pendidikan. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan ini adalah bagaimana Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, memperoleh sumber data dari kepala sekolah, panitia PPDB, guru dan wali siswa. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri dengan fokus penelitian: strategi pemasaran jasa pendidikan, faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan pemasaran jasa pendidikan.Hasil penelitian ini yaitu Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Badas Kediri yang digunakan yaitu segmentasi pasar, target pasar, penempatan posisi pasar dan penerapan strategi bauran pemasaran madrasah dengan menerapkan 7p diantaranya adalah product, price, place, promotion, people, physical evidence dan proces. Sedangkan untuk faktor pendukung berupa respon positif dan kepercayaan dari masyarakat, tim yang solid dan pemahaman akan kegiatan pemasaran madrasah. Untuk faktor penghambat yaitu persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat, perlunya melengkapi sarana dan prasarana yang ada di madrasah serta perlunya meningkatkan KBM dan non KBM madrasah, perlunya melengkapi sarana prasarana madrasah dan pelayanan madrasah agar pelanggan merasa puas terhadap program-program yang diterapkan di madrasah agar eksistensi madrasah semakin meningkat dan tidak kalah saing dengan lembaga pendidikan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nilna Muna
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:57
Last Modified: 13 Aug 2024 03:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item