Kiswanto, Heru (2024) Manajemen Pemasaran Pendidikan Untuk Meningkatkan Animo Masyarakat Di SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Berbasis Boarding School. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20205011_prabab.pdf Download (564kB) |
|
Text
20205011_bab1.pdf Download (208kB) |
|
Text
20205011_bab2.pdf Download (248kB) |
|
Text
20205011_bab3.pdf Download (154kB) |
|
Text
20205011_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
|
Text
20205011_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
20205011_bab6.pdf Download (25kB) |
|
Text
20205011_daftarpustaka.pdf Download (109kB) |
|
Text
931218317_%20Pernyataan%20Persetujuan%20Publikasi.pdf Download (139kB) |
Abstract
Pemasaran jasa pendidikan merupakan kegiatan lembaga pendidikan yang berfokus kepada penyampaian visi misi sekolah ataupun memberikan pelayanan pendidikan kepada customer dengan memiliki tujuan agar mencapai kepuasan pelanggan.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis pemasaran pendidikan untuk meningkatkan animo masyarakat di SMAN 5 Taruna Brawijaya berbasis boarding school, 2) Bagaimana perencanaan pemasaran pendidikan untuk meningkatkan animo masyarakat di SMAN 5 Taruna Brawijaya berbasis boarding school, 3) Bagaimana pelaksanaan pemasaran pendidikan untuk meningkatkan animo masyarakat di SMAN 5 Taruna Brawijaya berbasis boarding school, 4) Bagaimana pengawasan dan evaluasi pemasaran pendidikan untuk meningkatkan animo masyarakat di SMAN 5 Taruna Brawijaya berbasis boarding school. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan motode: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Analisis pemasaran pendidikan meliputi: Analisis pasar, lokasi yang berada di area perbukitan selomangleng. Analisis pesaing dengan menawarkan berbagai pelayanan pendidikan. Analisis pelanggan dengan mengetahui kebutuhan masyarakat terkait pendidikan. 2) Perencanaan pemasaran pendidikan meliputi: Penyusunan strategi pemasaran dengan membentuk tim dari pihak sekolah untuk mensosialisasikan pemasaran pendidikan. Penetapan tujuan strategi pemasaran dengan menerapkan konsep pemasaran berorientasi misi dan pemasaran berorientasi pada pelanggan. Penetapan teknik strategi pemasaran dengan dibantu oleh media sosial sekolah untuk mempublikasikan terkait seluruh kegiatan peserta didik dari prestasi akademik maupun non akademi. 3) Pelaksanaan pemasaran pendidikan meliputi: Pelaksanaan strategi dan teknik pemasaran yang telah dirancang sebelumnya dengan melaksanakan pemasaran berupa: membuat dan menyebar brosur, memasang baliho, mencetak kalender akademik, menggunakan sosial media, 4) Pengawasan dan evalusi pemasaran pendidikan meliputi: Kepuasan pelanggan dengan melakukan inovasi dan didukung oleh pembinaan dari TNI-AD. Penilaian masyarakat dengan pendaftaran penerimaan taruna baru yang menggunakan sistem seleksi cukup ketat dan berbagai apresiasi dan prestasi yang dicapai oleh sekolah. Evaluasi pemasaran penting dilakukan untuk menganalisis kekurangan dan berupaya mencari solusi untuk pembaharuan di tahun-tahun berikutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Heru Kiswanto |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:47 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14035 |
Actions (login required)
View Item |