Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam Melalui Pengembangan Media Bergambar Kelas Iv Di Mi Hidayatul Mubtadiin

ANDRIANA, FIRMA DEWI (2023) Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam Melalui Pengembangan Media Bergambar Kelas Iv Di Mi Hidayatul Mubtadiin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932600219_prabab.pdf

Download (672kB)
[img] Text
932600219_bab1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
932600219_bab2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932600219_bab3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
932600219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932600219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
932600219_bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
932600219_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932600219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932600219_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (192kB)

Abstract

Firma Dewi Andriana, Dosen Pembimbing Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd., dan Maimunatun Habibah,M.Pd.I., Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam Melalui Pengembamgan Media Bergambar Kelas IV Di MI Hidayatul Mubtadiin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Peningkatan dan Pengembangan, Buku Cerita, Sumber Daya Alam. Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam Melalui Pengembamgan Media Bergambar Kelas IV Di MI Hidayatul Mubtadiin. ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar sehingga menimbulkan hasil belajar yang maksimal, ada sebagian siswa yang kurang memahami terkait tentang sumber daya alam di Indonesia karena mereka sulit menghafal apa aja manfaat dari sumber daya alam, apa potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia. Adapun tujuan dari pengembangan ini diantaranya :1) Untuk mengetahui pengembangan media buku cerita untuk meningkatkan pemahaman belajar materi Sumber Daya Alam Kelas IV Di MI Hidayatul Mubtadiin; 2) Untuk mengetahui kelayakan media buku cerita untuk meningkatkan pemahaman belajar materi Sumber Daya Alam Kelas IV Di MI Hidayatul Mubtadiin; 3) Untuk menguji keefektifan media buku cerita untuk meningkatkan pemahaman belajar materi Sumber Daya Alam Kelas IV Di MI Hidayatul Mubtadiin. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasion, Evaluasi). Peneliti melibatkan 5 peserta didik sebagai uji coba skala kecil dan 24 peserta didik sebagai uji coba skala besar di MI Hidayatul Mubtadiin pada kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, lembar angket validasi ahli media dan ahli materi, Pretest dan post test. Pengembangan media buku cerita dikategorikan sangat layak didasarkan pada 1) Media buku cerita ini dikembangkan sesuai dengan materi sumber daya alam dan karakter siswa kelas IV. Media ini dibuat menggunakan canva untuk bacgroundnya sedangkan untuk tulisan menggunakan microsoft word, pembuatan teka-tekinya juga menggunakan puzzle maker serta tulisan microsoft word. 2) Berdasarkan penilaian dari ahli media terhadap pengembangan media pembelajaran buku cerita mendapatkan nilai rata-rata sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Sedangkan penilaian dari kedua ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat layak. 3) Peningkatan hasil belajar pretest dan post test khusunya mata pelajaran sumber daya alam pada peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Berdasarkan tabel 4.10, dapat dilihat bahwa hasil pre-test dan post- test peserta didik kelas empat sangat berbeda. Hasil rata-rata nilai yang diperoleh pada pre-test yaitu 64,70 dan rata-rata nilai post-test yaitu 84,58 sehingga mengalami kenaikan sebesar 20% dan sesuai target hasil ketercapaian yaitu minimal 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FIRMA DEWI ANDRIANA
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:50
Last Modified: 09 Aug 2024 06:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item View Item