تحليل مادة قواعد النحو في كتاب أولوا الألباب لأحمد رفاعي على أساسى نظرية تجديد النحو عند شوقي ضيف

Wafiroh, Hibatin (2024) تحليل مادة قواعد النحو في كتاب أولوا الألباب لأحمد رفاعي على أساسى نظرية تجديد النحو عند شوقي ضيف. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20203006_prabab.pdf

Download (972kB)
[img] Text
20203006_bab1.pdf

Download (501kB)
[img] Text
20203006_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
20203006_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
20203006_bab4.pdf

Download (179kB)
[img] Text
20203006_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (143kB)

Abstract

Menurut para ahli bahasa Arab kontemporer yang mengembangkan nahwu at ta’limi, seperti Ibrahim Mustafa, Abbas Hassan, Mahdi Al-Makhzoumi, Ahmed Abdel-Sattar Al-Jawari, dan Souqi Dhaif, tata bahasa bukanlah suatu ilmu yang berdiri sendiri, melainkan suatu ilmu atau metode tambahan. digunakan untuk memudahkan pembelajaran bahasa arab bagi siswa. Hal ini sesuai dengan tujuan pertama munculnya tata bahasa, yang bertujuan untuk menjadi metode pendidikan yang dapat mengurangi kesalahan berbahasa arab. Oleh karena itu banyak bermunculan buku maupun metode yang mewujudkan kemudahan tersebut diantaranya adalah Kitab Ulul Albab. Pada penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana penyajian materi tata bahasa Arab dalam Kitab Ulul Albab karya Ahmad Rifa’i, kemudian tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui analisis materi nahwu dalam Kitab Ulul Albab dengan menggunakan teori pembaharuan nahwu Syauqi Dhoif. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi Pustaka atau Library Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode dokumentasi dan wawancara, dokumentasi digunakan dalam penganalisisan terhadap Kitab Ulul Albab dan Buku Tajdidunnahwi karya Syauqi Dhoif, sedangkan wawancara dilakukan kepada penulis Kitab Ulul Albab sebagai pendukung dari analisis peneliti. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kitab Ulul Albab merupakan kitab karya Ahmad Rifa’i pada tahun 2022 yang merupakan hasil dari desertasi beliau saat menempuh program doctoral. Komponen-komponen yang terdapat dalam kitab tersebut antara lain materi qowaid bahasa arab, contoh contoh kalimat yang bervariatif , beberapa dalil yang diambil dari nadzom-nadzom kitab nahwu klasik, dan terkahir kitab ini disertai dengan soal-soal Latihan yang dapat menjadi bahan evaluasi siswa dalam memahami materi. (2) Hasil analisis kitab ini dengan teori pembaharuan nahwu syauqi dhoif menunjukkan terdapat empat teori yang sesuai dan dua teori lain tidak sesuai bahkan bertentangan, penyebabnya tentu latar belakang dari penulisan keduanya, jika Kitab Ulul Albab bersumber dari ringkasan kitab-kitab klasik, sedangkan tajdidinnahwu mengembangkan teori ibnu madha yang cenderung tekstual serta rasional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200409 Arabic Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hibatin Wafiroh
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:45
Last Modified: 05 Aug 2024 02:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13732

Actions (login required)

View Item View Item