Oktavi, Nanda Zaqia (2024) Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAiN Kediri.
Text
932125319_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932125319_bab1.pdf Download (445kB) |
|
Text
932125319_bab2.pdf Download (481kB) |
|
Text
932125319_bab3.pdf Download (214kB) |
|
Text
932125319_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text
932125319_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
932125319_bab6.pdf Download (200kB) |
|
Text
932125319_daftarpustaka.pdf Download (417kB) |
|
Text
932125319_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932125319_publikasi.pdf Download (54kB) |
Abstract
Dunia pendidikan selalu mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Perubahan pada proses pendidikan ini tentu harus dipahami oleh guru mengingat guru menjadi salah satu kunci keberhasilan pembelajaran. Oleh sebab itu guru harus selalu mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut dengan mengupgrade kemampuan profesionalismenya dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan profesionalismenya dalam pembelajaran, termasuk di dalamnya pada proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan model wawancara terpusat (focused interviews) dimana data yang didapatkan pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada informan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan ketekunan peneliti dalam menelaah data dan triangulasi dengan menggabungkan antara satu data dengan data lain untuk saling menguatkan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, dalam perencanaan pembelajaran, guru mampu mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran dengan mengikuti organisasi profesi guru yaitu MGMP dan juga mengikut kegiatan seperti supervisi perangkat pembelajaran dan workshop; kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran guru mampu melaksanakan kegiatan di kelas sesuai dengan perencanaan yang disusun, guru juga mampu menjelaskan dan mengembangkan materi dengan baik dan tidak tekstual dengan mengembangkan pengetahuannya melalui review jurnal dan mengikuti kegiatan diklat bahan ajar digital; ketiga, dalam evaluasi pembelajaran guru menggunakan teknologi sebagai teknik evaluasi pendidikan seperti google form dan quiziz, guru juga mampu menulis soal HOTS, kemampuan tersebut dikembangkan guru dengan mengikuti kegiatan Kompetensi Assesment Nasional. Hasilnya, kemampuan guru yang terus dikembangkan berpengaruh terhadap mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri, sehingga banyak peserta didik dan orang tua yang memilih madrasah tersebut sebagai jenjang pendidikan lanjutan dari sekolah menengah pertama karena kualitas madrasah tersebut sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nanda Zaqia Oktavi |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:38 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13680 |
Actions (login required)
View Item |