Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ipas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 1 Kediri

Sari, Silfia Melinda (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ipas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609220_prabab.pdf

Download (831kB)
[img] Text
932609220_bab1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932609220_bab2.pdf

Download (975kB)
[img] Text
932609220_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932609220_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932609220_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
932609220_bab6.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932609220_daftarpustaka.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932609220_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (391kB)

Abstract

Materi pada mata pelajaran IPAS semester II merupakan materi yang sulit dipahami oleh siswa kelas IV-C. Penyebab permasalahan siswa tersebut adalah kurangnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada saat proses pembelajaran. Sehingga kelas IV-C perlu adanya media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi IPAS. Peneliti tertarik untuk mengembangkan media buku saku berbasis mind mapping yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-C. Tujuan peneliti mengembangkan media buku saku ini ialah: (1) mengetahui prosedur pengembangan media buku saku berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) mengetahui kelayakan media buku saku berbasis mind mapping. (3) mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media buku saku berbasis mind mapping pada siswa kelas IV-C MIN 1 Kediri. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Kediri kelas IV-C dengan jumlah siswa 31 siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Dovelopment (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis(Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Uji kelayakan media dengan Skala Likert. Perhitungan analisis data produk menggunakan Uji Normalitas, Uji T dan Uji N-Gain. Hasil penelitian dan pengembangan produk buku saku berbasis mind mapping ini ialah: (1) Prosedur dalam penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. (2) Hasil validasi kelayakan produk media pembelajaran buku saku dari ahli desain media mendapatkan skor persentase 94,7%, dari ahli materi mendapatkan 100%, dari ahli bahasa mendapatkan 100%, dari ahli soal pretest dan posttest 91,6%, dan dari validasi pengguna atau siswa mendapatkan 97,5% paling tinggi dan yang rendah 85%. (3) Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV-C dilihat dari nilai rata-rata pretest 60,8 lalu mengalami peningkatan pada hasil posttest 86,3 sehingga dapat dikatakan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media buku saku selain itu berdasarkan uji T memperoleh -15.189 dengan kesimpulan Ha diterima atau adanya perbedaan. Sedangkan berdasarkan uji N- Gain memperoleh hasil 0,8758 yang berarti adanya peningkatan dengan kategori “tinggi” artinya pembelajaran dengan menggunakan media buku saku berbasis mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SILFIA MELINDA SARI
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:54
Last Modified: 02 Aug 2024 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13678

Actions (login required)

View Item View Item