Ibad, Syauqi Robbil (2024) Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Materi Fikih Untuk Meningkatkan Keterampilan Bersuci Siswa Kelas VII Di Mts Raudlatut Thalabah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109020_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932109020_bab1.pdf Download (407kB) |
|
Text
932109020_bab2.pdf Download (395kB) |
|
Text
932109020_bab3.pdf Download (459kB) |
|
Text
932109020_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text
932109020_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text
932109020_bab6.pdf Download (94kB) |
|
Text
932109020_daftar_pustaka.pdf Download (230kB) |
|
Text
932109020_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (312kB) |
Abstract
Metode Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan memberikan permasalahan yang autentik (permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari) kepada siswa. Model pendidikan Problem Based Learning akan memungkinkan siswa dalam mempelajari mata pelajaran fikih yang berhubungan dengan kasus nyata yang dialami dalam kehidupan setiap hari, sehingga peserta didik bisa belajar untuk berfikir secara kritis serta mempunyai keahlian memecahakan permasalahan sesusai dengan kaidah hukum-hukum islam yang berlaku. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Problem Based Learning pada Materi Fikih yang mencakup perencanaan, penerapan, evaluasi dan kendala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan yang dilakukan di MTs Raudlatut Thalabah kolak kediri. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini bahwa implementasi metode Problem Based Learning pada materi fikih yang dilaksanakan di MTs Raudlatut Thalabah memiliki beberapa tahapan meliputi, 1) perencanaan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran, lembar penilaian, dan permasalahan. 2) penerapan, guru akan mengorientasikan materi, guru menyampaikan permasalahan, siswa mengidentifikasi masalah, siswa menjawab, guru menyimpulkan jawaban. 3) evaluasi, guru memberikan nilai pada siswa, guru mengulang kembali materi yang sudah dibahas diawal. 4) kendala, masalah waktu, dan keberanian siswa dalam menjawab masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SYAUQI ROBBIL IBAD |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:45 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13596 |
Actions (login required)
View Item |