Ardhana, Putri Alifia (2024) PERAN STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus UMKM Dolphin Bakery Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
934105219_prabab.pdf Download (829kB) |
|
Text
934105219_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (187kB) |
|
Text
934105219_bab1.pdf Download (571kB) |
|
Text
934105219_bab2.pdf Download (355kB) |
|
Text
934105219_bab3.pdf Download (216kB) |
|
Text
934105219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
|
Text
934105219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
934105219_bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
934105219_daftarpustaka.pdf Download (133kB) |
|
Text
934105219_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ARDHANA, PUTRI ALIFIA. 2024. Peran Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UMKM Dolphin Bakery Kota Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing: (1) Rofik Efendi, S.Kom., MM. dan (2) Oktaria Ardika Putri, S.Si, MM. Kata Kunci: Strategi, Inovasi Produk, Penjualan, UMKM Semakin berkembangnya dunia bisnis, inovasi produk menjadi salah satu strategi untuk meraih kesuksesan dalam meningkatkan penjualan dan daya saing perusahaan. Seiring dengan permintaan pasar terhadap produk yang berubah semakin cepat, maka perusahaan tidak dapat menghindar dari inovasi produk jika menginginkan pasarnya berkembang dan mempertahankan keunggulan kompetitif serta dapat memasuki pasar baru. Setiap perusahaan dalam melakukan inovasi produk harus memperhatikan dan memenuhi beberapa hal agar tetap terlihat menonjol dibandingkan kompetitor di era persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Salah satu usaha yang menerapkan strategi inovasi produk adalah UMKM Dolphin Bakery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi produk dan peran strategi inovasi produk dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Dolphin Bakery Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Sumber data primer didapatkan peneliti dari pemilik, karyawan, dan konsumen UMKM Dolphin Bakery. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku, jurnal, dan hasil penelitian lainnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan data yang berhubungan dengan pembahasan. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mengecek keabsahan data dan keikutsertaan peneliti dalam observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi inovasi produk yang dilakukan UMKM Dolphin Bakery terbukti dapat menaikkan penjualan. Strategi inovasi produk tersebut dilakukan dengan cara menawarkan secara bergantian pada menu produk yang mereka miliki sejumlah 6-7 jenis produk dan melakukan inovasi produk setiap 4-6 bulan sekali. UMKM Dolphin Bakery memasarkan produknya selain pada sebuah toko namun juga secara door to door. UMKM Dolphin Bakery mulai menerapkan inovasi produk pada tahun 2011 dan berhasil meningkatkan penjualan usaha sebesar 33% dan semakin meningkat pada tahun 2017 hingga 42%. Meskipun pada tahun 2020 sempat terja qdi penurunan penjualan sebesar -60% namun pada tahun 2021 penjualan UMKM Dolphin Bakery kembali meningkat 25% dan terus meningkat hingga saat ini
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | PUTRI ALIFIA ARDHANA |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 06:14 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13552 |
Actions (login required)
View Item |