PENERAPAN INOVASI PRODUK DALAM MEMPERTAHANKAN PENJUALAN (Pada UMKM Kawoel’s Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

DEWI, OLIVIANA PUSPITA (2024) PENERAPAN INOVASI PRODUK DALAM MEMPERTAHANKAN PENJUALAN (Pada UMKM Kawoel’s Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
934105419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934105419_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
934105419_bab1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
934105419_bab2.pdf

Download (225kB)
[img] Text
934105419_bab3.pdf

Download (177kB)
[img] Text
934105419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
934105419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
934105419_bab6.pdf

Download (143kB)
[img] Text
934105419_daftarpustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
934105419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewi, Oliviana Puspita, 2024. Penerapan Inovasi Produk Dalam Mempertahankan Penjualan (Pada UMKM Kawoel’s Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Dosen Pembimbing I Achmad Munif, SE, MM dan Dosen Pembimbing II Sayekti Indah Kusumawardhany, SE, M. Akun. Kata kunci : Penerapan Inovasi Produk, Mempertahankan, Penjualan. Inovasi produk merupakan indikator penting dalam mempertahankan tingkat penjualan. Keberhasilan dalam berinovasi produk yang mempengaruhi tingkat penjualan dengan melakukan beberapa tahapan. Maka penelitian ini berfokus pada (1) Apa jenis inovasi yang digunakan dalam mengembangkan produk pada UMKM Kawoel’s, (2) Apakah inovasi yang diterapkan UMKM Kawoel’s dapat mempertahankan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data yang digunakan dengan berbagai metode, seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terkait analisis data, peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini, meliputi (1) Inovasi produk yang dilakukan UMKM Kawoel’s untuk mempertahankan penjualannya dengan cara inovasi produk dengan mengubah desain, inovasi proses, yang semula proses produksi menggunakan tenaga manusia, sekarang dibantu dengan mesin, inovasi teknologi dengan menggunakan mesin agar berproduksi dengan cepat, serta melakukan inovasi produk melalui tahapan. (2) Superiority in inovation dengan mengembangkan kreativitas bentuk dan ukuran produk sehingga hasil penjualan pada UMKM Kawoel’s dengan menerapkan inovasi produk meningkat dengan stabil. Dari tahun 2020 ke tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 0,074%, tahun 2021 ke tahun 2022 sebesar 0,132%, dan di tahun 2022 ke tahun 2023 sebesar 0,139%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: OLIVIANA PUSPITA DEWI
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:16
Last Modified: 31 Jul 2024 06:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13551

Actions (login required)

View Item View Item