Meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung melalui metode card sort kelas II SD YBPK Sindurejo Ngancar Kab. Kediri semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Chodim, Anang Nur (2014) Meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung melalui metode card sort kelas II SD YBPK Sindurejo Ngancar Kab. Kediri semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
ABSTRAK & SURAT.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (177kB)

Abstract

Keberadaan suatu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Penelitian ini dilakukan karena dipandang perlu adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode pembelajaran yang mampu membawa siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode card sort. Tujuan yang ingin dicapai peneliti: 1. Bagaiamanakah penerapan metode card sort dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Kompetensi Dasar membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung. 2. Apakah metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar PAI Kompetensi Dasar membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung. 3. Apakah yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode card sort upaya meningkatan prestasi belajar PAI Kompetensi Dasar membaca dan menulis huruf hijaiyah bersambung Pendekatan penelitian ini mengunakan penlitian kolaboratif merujuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengunakan analisis data statistik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan oleh peneliti beserta teman sejawat atau kolabolator, untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Peneltian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus, siklus I pada tanggal 23 Mei 2014 dan siklus II pada tanggal 30 Mei 2014, dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menggunakan metode Cart Short dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan membaca dan menulis huruf hijaiyah. Pada pra siklus dari 9 siswa hanya 3 siswa (33,3%) yang mencapai KKM, siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 5 siswa (55,6%), pada siklus II anak yang mencapai ke tuntasan belajar sebanyak 7 siswa (77,8%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa penerapan model pembelajaran card short mampu meningkatkan prestasi belajar sisiwa Pendidikan Agama Islam pokok bahasan membaca dan menulis huruf hijaiyah kelas II di SD YBPK Sindurejo Ngancar Kediri Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:51
Last Modified: 18 Jul 2024 07:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13427

Actions (login required)

View Item View Item