Representasi Pesan Moral Dalam Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” (Analisis Semiotika Roland Barthes)

RUSULI, DEFANI FAUZIA (2023) Representasi Pesan Moral Dalam Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933506017_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933506017_bab1.pdf

Download (645kB)
[img] Text
933506017_bab2.pdf

Download (631kB)
[img] Text
933506017_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
933506017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
933506017_bab5.pdf

Download (218kB)
[img] Text
933506017_daftarpustaka.pdf

Download (441kB)
[img] Text
933506017_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

RUSULI, DEFANI FAUZIA.2022, Representasi Pesan Moral dalam Film “ Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini “, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Ropingi, M.Pd dan Pembimbing (2) Ibnu Hajar Anshori, M.Th.I. Kata Kunci : Representasi, Film,Pesan Moral, dan Semiotika Roland Barthes, Penelitian ini mencoba menggali tanda-tanda yang merepresentasikan pesan moral yang terdapat dalam film “ Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”. Film “ Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” merupakan film bergenre drama keluarga yang diproduksi oleh visinema pictures. Pengemasan cerita yang sederhana dan memiliki alur yang mudah dimengerti membuat film ini banyak diminati oleh masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai representasi pesan moral dalam film “ Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini “. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research adalah penelitian yang berhubungan dengan membaca buku-buku atau literature literature dan sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”,sumber data sekunder,yaitu berupa buku buku,majalah,dan literatur literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi,teknik analisis data menggunakan semiotika model Roland Barthes, dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi pesan moral di dalam film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini “ ini adalah Kasih Sayang kepada Keluarga yang ditunjukkan ayah dan ibu kepada awan saat awan mengerjakan maket, kasih sayang adalah hubungan unik yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan diidentifikasikan dengan adanya perasaan sayang,saling mengasihi ,memperhatikan,mencintai. Pentingnya pendidikan yang bijaksana yang ditandai dengan ayah yang menyuruh angkasa minta maaf kepada rio karena sudah memukuli temannya, disini sikap tegas yang dilakukan ayah sangat amat perlu untuk memberikan kendali kepada anak atas tindakannya.Pentingnya sebuah keterbukaan didalam keluarga ditandai dengan angkasa yang meminta ayah untuk menjelaskan kematian dari kembaran awan yang dirahasiakan kepada kedua adiknya,kejujuran merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang karena kejujuran merupakan penentu utuhnya sebuah kepercayaan untuk sesorang. Pentingnya apresiasi didalam keluarga ditandai dengan ibu yang bercerita kepada aurora dan awan kalau ia bersyukur memiliki suami seperti ayah walaupun terkadang memiliki salah atau kekurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2002 Cultural Studies > 200203 Consumption and Everyday Life
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: DEFANI FAUZIA RUSULI
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:40
Last Modified: 03 Jul 2024 08:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item