Lutfiana, Maya (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Box Display Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Materi Ekosistem Kelas 5 Di MI Jami’atut Tholibin Ringinrejo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932602320_Prabab.pdf Download (435kB) |
|
Text
932602320_BABI.pdf Download (301kB) |
|
Text
932602320_BABII.pdf Download (365kB) |
|
Text
932602320_BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Text
932602320_BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932602320_BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
Text
932602320_BABVI.pdf Download (179kB) |
|
Text
932602320_DaftarPustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932602320_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (295kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu selama observasi di MI Jami’atut Tholibin ditemukannya beberapa faktor permasalahan terhadap kurangnya pemahaman belajar siswa dikarena guru tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran box display untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa 5 MI Jami’atut Tholibin; 2) mengetahui kelayakan media box dissplay untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas 5 di MI Jami’atut Tholibin materi ekosistem; 3) mengetahui pemahaman siswa di MI Jami’atut Tholibin sebelum dan setelah menggunakan media box display materi ekosistem. Jenis penelitian yang diambi ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Jami’atut Tholibin. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, angket validasi dan dokumentsi yang dilakukan di MI Jami’atut Tholibin. Hasil penelitian dan pengembangan ini: 1) pengembangan media pembelajaran box display untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa, pada penelitian ini penulis menggunakan model ADDIE yang mencangkup langkah-langkah analysis, design, development, implementation dan evaluation; 2) hasil kelayakan media yang divalidasi oleh ahli media mencapai 80% sedangkan pada ahli materi mendapatkan 95% menunjukkan bahwa media dan materi yang digukakan mendapatkan kategori layak dan bisa digunakan untuk uji coba; 3) pemahaman siswa sebelum dan setelah menggunakan media bix display belajar siswa dilakukan melalui uji N Gain dan uji-t berpasangan dengan menggunakan hasil post test dan pre test yang memperoleh skor 0.63 pada uji N Gain maka masuk ke kategori “sedang” sedangkan pada uji-t berpasangan memperoleh hasil kurang dari 0,05 yaitu sig. (0,000) < 0,05 sehingga H_0 ditolak maka H_α diterima. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa adanya ada peningkatan pemahaman siswa yang ditandai dengan indikator pemahaman materi, pre test dan post test.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MAYA LUTFIANA |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:39 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13267 |
Actions (login required)
View Item |