Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTsN 2 Kota Kediri

Sa'adah, Imatus (2024) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505620_Prabab.pdf

Download (831kB)
[img] Text
932505620_Bab1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
932505620_Bab2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932505620_Bab3.pdf

Download (289kB)
[img] Text
932505620_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
9325050620_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
932505620_Bab6.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932505620_daftarpustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932505620_Pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (167kB)

Abstract

Kata Kunci : persepsi siswa, multimedia pembelajaran, bahasa arab Persepsi siswa adalah cara pandang yang dimiliki siswa terhadap suatu hal, seperti pengalaman belajar, metode pembelajaran, atau lingkungan belajar. Persepsi siswa terhadap penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Multimedia dalam pembelajaran bahasa arab yang digunakan animasi. Serta perangkat lunak interaktif sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui guru dalam penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab MTsN 2 Kota Kediri 2) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab di MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari guru bahasa arab MTsN 2 Kota Kediri, dan siswa kelas 7 MTsN Kota Kediri dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam penggunaan multimedia saat menjelaskan materi menggunakan Microsoft PowerPoint dan media gambar. Guru menampilkan materi dengan ditampilkan di layar LCD. Guru menyiapkan slide presentasi yang berisi materi pelajaran, seperti kosakata, tata bahasa, dan latihan soal. Slide dapat diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi secara bertahap Jadi tidak menggunakan media papan tulis. sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab. Siswa merasa bahwa multimedia dapat memudahkan siswa dalam belajar, membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, serta membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Meskipun demikian, masih ada sebagian siswa yang memiliki persepsi negatif terhadap penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab. Siswa menganggap bahwa multimedia hanya sebagai tambahan dan tidak begitu penting dalam pembelajaran bahasa arab. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk terus meningkatkan pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran bahasa arab agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: IMATUS SA`ADAH
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:24
Last Modified: 17 Jul 2024 02:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item View Item