Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Platform Shopee Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Online Shop Belgetha Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)

Febryna, Indrya Ayuni (2023) Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Platform Shopee Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Online Shop Belgetha Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934117919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934117919_bab1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
934117919_bab2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
934117919_bab3.pdf

Download (128kB)
[img] Text
934117919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
934117919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
934117919_bab6.pdf

Download (16kB)
[img] Text
934117919_daftarpustaka.pdf

Download (113kB)
[img] Text
934117919_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (177kB)

Abstract

Shopee sebagai marketplace paling populer di Indonesia saat ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis yang mereka jalani, termasuk pelaku usaha di bidang kecantikan dan perawatan diri. Banyaknya pelaku usaha di bidang tersebut, menuntut masing-masing pelaku usaha untuk memiliki strategi pemasaran yang tepat agar penjualan semakin meningkat. Hal ini, menjadi tantangan bagi online shop Belgetha sebagai penjual produk kecantikan dan perawatan diri di wilayah Kabupaten Kediri yang memasarkan produknya di marketplace Shopee. Tentu dalam penerapan strategi pemasaran harus diimbangi dengan etika dalam berbisnis. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada online shop Belgetha dalam meningkatkan volume penjualan di platform Shopee perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif analitis. Sumber data dalam penelitian adalah sumber primer yang didapat melalui pemilik, karyawan, serta konsumen online shop Belgetha serta melalui observasi dengan mendatangi lokasi usaha dan melihat akun Shopee Belgetha. Sedangkan sumber sekunder didapat melalui buku, jurnal, dan dokumentasi toko. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Penerapan strategi pemasaran online shop Belgetha dalam meningkatkan volume penjualan di platform Shopee telah memperhatikan komponen utama strategi pemasaran (segmentasi pasar, target pasar, dan penempatan produk) serta telah menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, promotion, dan place). Dengan penerapan strategi pemasaran tersebut, volume penjualan online shop Belgetha pada tahun 2022 mengalami peningkatan di setiap bulannya. Terhitung pada bulan Maret meningkat sebesar 25%, bulan April meningkat sebesar 27,1%, bulan Mei meningkat sebesar 117,9%, bulan Juli meningkat sebesar 9,4%, bulan Agustus meningkat sebesar 10%, bulan September meningkat sebesar 23,6%, bulan Oktober meningkat sebesar 12,2%, bulan November meningkat sebesar 134,9%, dan bulan Desember meningkat sebesar 134,3%. 2) Penerapan strategi pemasaran online shop Belgetha dalam meningkatkan volume penjualan di platform Shopee belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Terbukti hanya prinsip kesatuan, prinsip kehendak bebas, dan prinsip tanggung jawab saja yang telah terpenuhi, sedangkan prinsip keseimbangan dan prinsip kebenaran masih kurang terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Indrya Ayuni Febryna
Date Deposited: 28 May 2024 07:28
Last Modified: 28 May 2024 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item