IMPLEMENTASI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DEKORASI DITINJAU DARI SYARIAH MARKETING (Studi Kasus di Rustic Decoration Kediri)

Karima, Nur (2022) IMPLEMENTASI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DEKORASI DITINJAU DARI SYARIAH MARKETING (Studi Kasus di Rustic Decoration Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
92500920009_PRABAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92500920009_BAB1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
92500920009_BAB2.pdf

Download (484kB)
[img] Text
92500920009_BAB3.pdf

Download (103kB)
[img] Text
92500920009_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
92500920009_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
92500920009_BAB6.pdf

Download (158kB)
[img] Text
92500920009_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (783kB)
[img] Text
92500920009_LEMBARPERNYATAANPERSETUJUANPUBLIKASI.pdf

Download (180kB)

Abstract

Bisnis dekorasi merupakan bisnis penyedia jasa penyeawaan dekorasi, meliputi: dekorasi pernikahan, dekorasi lamaran sampai dekorasi 7 bulanan. Di era ini bisnis dekorasi banyak diminati pelaku usaha, semakin banyaknya usaha dekorasi memudahkan customer atau klien untuk menentukan dekorasi yang sesuai dengan budget dan selera mereka. Rustic Decoration Kediri menjadi penyedia jasa sewa dekorasi yang mendominasi di Kota Kediri. Walaupun penyedia jasa dekorasi semakin banyak, namun Rustic Decoration Kediri mampu menjadi jasa sewa dekorasi yang tetap bertahan di tengah persaingan dunia usaha dekorasi. Adapun pertahanan yang dibangun oleh Rustic Decoration Kediri salah satuya dilakukan dengan selalu mengupayakan terpenuhinya kebutuhan klien. Salah satu bentuk upaya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yaitu melalui pengkombinasian unsurunsur pemasaran atau marketing. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui impelementasi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan di Rustic Decoration Kediri. (2) Untuk mengetahui impelementasi marketing mix dalam meningkatkan volume penjualan di Rustic Decoration Kediri ditinjau dari syariah marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi marketing mix yang dilaksanakan di Rustic Decoration Kediri menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang terpenuhi semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga meningkatkan pula kinerja Rustic Decoration Kediri untuk terus memperbaiki kualitas dan design dekorasi kepada klien yang dibarengi dengan pengembangan teknologi serta pengembangan sumber daya manusia yang pada akhirnya meningkatkan pula omset yang diperoleh Rustic Decoration Kediri. (2) Implementasi marketing mix dalam meningkatkan volume 9 penjualan ditinjau dari syariah marketing di Rustic Decoration Kediri menunjukkan hasil penelitian pengelolaan usaha dimasa pandemi ini Rustic Decoration Kediri mampu meningkatkan penjualan sebesar 0,82% dalam 3 tahun terakhir dengan menggunakan Strategi pemasaran Digital Marketing dan Customer Relationship Management. Implementasi marketing dalam pengelolaan usaha ditinjau dari marketing syariah di Rustic Decoration Kediri dapat disimpulkan bahwa karakteristik marketing syariah seperti: Ketuhanan (Rabbaniyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (Al Waqi’iyyah), Humanistis (Al Insaniyyah) telah diimplementasikan oleh Rustic Decoration Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Karima
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:47
Last Modified: 04 Jun 2024 03:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item