FEBRIANTI, MAHARANI DIKA (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Materi Tayamum Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Di Kelas IV SD Negeri 2 Nglawak Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932114819_PRABAB.pdf Download (851kB) |
|
Text
932114819_BAB1.pdf Download (905kB) |
|
Text
932114819_BAB2.pdf Download (698kB) |
|
Text
932114819_BAB3.pdf Download (850kB) |
|
Text
932114819_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
932114819_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
|
Text
932114819_BAB6.pdf Download (653kB) |
|
Text
932114819_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (609kB) |
|
Text
932114819_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (86kB) |
Abstract
I ABSTRAK MAHARANI DIKA FEBRIANTI. Dosen Pembimbing Ibu Dr. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd dan Ibu MAIMUNATUN HABIBAH, M.Pd.I pengembangan media pembelajaran Big Book pada materi tayamum untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di kelas IV SD Negeri 2 Nglawak kecamatan pramboSn kabupaten nganjuk. Kata Kunci : tayamum, Big Book, pemahaman peserta didik. Tayamum merupakan salah satu materi Pendidikan Agama Islam pada aspek fikih yang berhubungan dengan Thaharah, sebab tayamum adalah tata cara bersuci pengganti wudhu dan mandi, dimana hal tersebut sebagai syarat hendak melaksanakan suatu ibadah. Sudah seharusnya peserta didik mampu memahami tayamum dengan baik. Peneliti menemukan rendahnya pemahaman tentang materi tayamum pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Nglawak. Rendahnya pemahaman peserta didik terkait materi tayamum disebabkan peserta didik merasa jenuh saat pembelajaran, karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran yaitu menggunakan buku dektat dan LKS, yang dirasa kurang menarik sehingga siswa kurang memiliki minat untuk belajar dan akhirnya dapat berpengaruh pada pemahaman peserta didik. Maka dari itu, peneliti ingin melaksanakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan produk media pembelajaran Big Book, untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran Big Book, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Big Book untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dikelas IV SD Negeri 2 Nglawak. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode R&D Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,& Evaluation). Peneliti memilih model tersebut karena sesuai dengan tujuan peneliti dan pengembangan media yang mana dilakukan evaluasi di setiap tahap sebelum melakukan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Nglawak Prambon Nganjuk dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Big Book. Pada uji kelayakan media mendapatkan tingkat kelayakan dari validator desain media 1 80%. Dari validator desain media 2 mendapatkan tingkat kelayakan 94%. Pada uji validasi materi dan soal, dari ahli materi 1 validasi materi mendapatkan tingkat kelayakan 94% dan validasi soal 96%. Dari ahli materi 2 validasi materi mendapatkan tingkat kelayakan 92% dan validasi soal mendapatkan 92%. Dari perolehan hasil validasi kelayakan media, materi dan soal dapat disimpulkan media pembelajaran Big Book layak dan dapat digunakan. Pada tahap uji coba dibagi menjadi dua kelompok yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase efektifitas 80%. Pada uji coba kelompok besar mendapatkan mendapatkan presentase efektifitas 83%. Artinya media pembelajaran Big Book pada materi tayamum untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dikelas IV SD Negeri Nglawak 2 efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MAHARANI DIKA FEBRIANTI |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:12 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12871 |
Actions (login required)
View Item |