Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Al Huda Kota Kediri

Fathiyatu Rohmatin, Nisa' (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Al Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201057-PRA BAB.pdf

Download (584kB)
[img] Text
20201057-BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
20201057-BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
20201057-BAB III.pdf

Download (578kB)
[img] Text
20201057-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
20201057-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
20201057-BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
20201057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi-Fathiyatu Rohmatin Nisa'-20201057.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI MA Al Huda Kota Kediri pada mata pelajaran SKI dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Hal ini dilihat berdasarkan observasi kelas dan wawancara kepada guru mata pelajaran dan siswa kelas XI yang menunjukkan bahwa ada 66% siswa yang mendapat nilai kurang KKM yang dilator belakangi oleh minat siswa ynag rendah, suasana kelas yang tidak kondusif, dan metode monoton yang digunakan guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menciptakan pembelajaran yang memberikan pengalaman yang bervariasi dengan menggunakan metode yang aktif, efektif, dan bervariasi salah satunya yaitu metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Dalam penelitian ini metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena metode PBM dapat melibatkan siswa aktif dalam belajar, berfikir kritis, dan meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran SKI di MA Al Huda Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada tiap siklus dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MA yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan Metode Pembeajaran Berbasis Masalah dan lembar wawancar. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari rata-rata dan presentase hasil tes yang dikerjakan oleh siswa. Hasil dari penelitian ini, diantaranya: 1). Penerapan metode dalam pembelajaran dilakukan dalam dua siklu dengan menggunakan langkah-langkah metode Pembelajaran Berbasis Masalah, diantaranya guru mendorong siswa untuk menemukan masalah, merumuskan masalah, mengumpulkan data yang relevan dengan permasalahan, kemudian siswa diarahkan untuk mengkorelasikan data yang diperoleh dengan permasalahan yang ada, dan siswa menarik kesimpulan dari hasil pemecahan masalah yang telah didiskusikan dengan kelompoknya. Pada pelaksanaanya, guru berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah disusun. Masalah. Siklus I dilakukan dalam satu pertemuan dan siklus II dilakukan dalam dua pertemuan. Hasil post test siswa pada materi peradaban islam pada masa daulah Mughal mengalami peningkatan yang signifikan dalam setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata yang diperoleh adalah 66 dengan presentase ketuntasan 66,6% dan kategori belum tuntas 33,3% dengan KKM 65. Sedangkan pada siklus II, rata-rata yang diperoleh adalah 75 dengan presentase ketuntasan 100% siswa yang mencapai KKM 65. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Depositing User: Fathiayatul Rohmatin Nisa
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:13
Last Modified: 24 Apr 2024 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12444

Actions (login required)

View Item View Item