Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VI MIN 2 Nganjuk

ASNA, WAHDA NUR (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VI MIN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932107119_bab1.pdf

Download (458kB)
[img] Text
932107119_bab2.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932107119_bab3.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932107119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
932107119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
932107119_bab6.pdf

Download (8kB)
[img] Text
932107119_daftarpustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932107119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932107119_SP.pdf

Download (52kB)

Abstract

HALAMAN ABSTRAK WAHDA NUR ASNA, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, S.Ag. dan Sheila Fakhria, M.H., Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas VI MIN 2 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Fiqih, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kontekstual Model pembelajaran kontekstual adalah sebuah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong pembelajar membuat hubungan antara materi yang diajarkannya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar fiqh siswa kelas VI MIN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Random sampling dengan populasi penelitian ini memperoleh sumber data dari Kelas VI MIN 2 Nganjuk terdiri atas 2 kelas, Sebanyak 60. Instrumen yang peneliti gunakan adalah tes yang berupa 20 soal pilihan ganda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan uji hipotesis Uji Paired Sample T-Test yang sudah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai sig. 2 tailed diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, dan diperoleh t-hitung (4,102) > t-tabel (2,002). Terdapat peningkatan hasil belajar Fiqih. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independent T-Test yang telah dilakukan memperoleh hasil rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 78,50 lebih tinggi daripada kelas control denga rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh adalah sebesar 64,83.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040304 Hadith and Related Knowledge (Hadits dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030401 Ilmu Hadits (incl : Dirayah, Riwayah, Rijal Hadits, Jarah dan Ta’dil, Tabaqat al-Ruwat, Asbab Wurud, Nasikh dan Mansukh)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wanda Nur Asna
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:46
Last Modified: 22 Apr 2024 04:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item