Perbandingan Efektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Sunan Ampel Pare Tahun Pelajaran 2018/2019

Anam, Syaiful (2019) Perbandingan Efektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Sunan Ampel Pare Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
03. PRA BAB.pdf

Download (226kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (497kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Hasil belajar dapat diperoleh secara maksimal melalui suatu proses pembelajaran. Namun dalam kenyataannya, proses pembelajaran yang berlangsung saat ini belum sesuai dengan tujuan dari adanya pembelajaran yakni mengupayakan perubahan pada siswa, baik perubahan pada segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik.Diantara penyebab kegagalan tersebut salah satunya adalah guru kurang tepat dalam memilih strategi atau metode pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mencarikan strategi atau metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran Contextual Teaching and Leraning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa. (2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa. (3) Perbedaan efektifitas antara model CTL dan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Sunan Ampel Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dipilih sebanyak dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelompok eksperimen 1 (CTL), dan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen 2 (PBL). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test, dilanjutkan dengan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan hasil belajar Fiqih siswa yang menggunakan model CTL yaitu sebesar 14,46. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar Fiqih siswa yang menggunakan model PBL yaitu sebesar 21,54. (3) Setelah dilakukan Uji Independent Sample t Test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa. Model PBL lebih efektif dilihat dari nilaieffect size model PBL yaitu sebesar 2,70 lebih tinggi daripada nilai effect size model CTL yaitu sebesar 1,87.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:41
Last Modified: 04 Apr 2024 03:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item